Kabar Kapuas

Lurah Panamas Lega Daerahnya Dibantu Jaringan Air Bersih, Masih Harapkan Ini

Pemkab Kapuas peningkatan fasilitas bangunan sarana air bersih tersebut dengan membangun jaringan air.

Lurah Panamas Lega Daerahnya Dibantu Jaringan Air Bersih, Masih Harapkan Ini
tribunkalteng.com/fadli setia rahman
Lurah Panamas saat memperlihatkan bantuan meter air untuk warganya 

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Kelurahan Panamas merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang belum mendapatkan jaringan Air bersih dari PDAM.

Meski demikian, upaya untuk ketersediaan sarana air bersih bagi masyarakat terus dilakukan

Pada tahun 2015 lalu telah dibangun sarana fisik Penyediaan air bersih Program Pamsimas untuk memberikan fasilitas air minum atau air bersih bagi masyarakat. Sarana Air bersih tersebut dikelola oleh BP-SPAMS Kelurahan Panamas yang diketuai oleh Aspiani.  

Lurah Panamas Slamet Riyadi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya membangun jaringan air bersih ini di Kelurahan Panamas.

Baca: Laga Panas Liga Inggris Pekan 9, Chelsea Tantang Manchester United

Baca: Pasha Ungu Bersyukur Kota Palu Semakin Kondusif, Upload Suasana Palu pasca Gempa

Baca: Internet Dunia Bakal Mengalami Gangguan dalam 2 Hari ke Depan, Ini Penyebabnya

Pada tahun 2018 ini Pemkab Kapuas melalui Dinas PUPRPKP Bidang Cipta Karya melakukan peningkatan fasilitas bangunan sarana air bersih tersebut. Yakni dengan membangun jaringan air yang semula menghasilkan 1 liter/detik menjadi 2 liter/detik.

Melalui program kegiatan peningkatan kapasitas Spam Kelurahan Panamas dari 1 liter/detik menjadi 2 liter/detik. Dengan adanya program ini sebanyak 95 rumah masyarakat kelurahan Panamas akan mendapatkan sambungan meter air.

Kelurahan Panamas terdiri dari 12 RT dan  502 KK.  Jangkauan pipa distribusi yang tersedia saat ini baru RT 01 sampai RT 05  sepanjang 1.470 meter.

Sehingga masih tujuh RT  yang belum mendapatkan jaringan distribusi air atau sepanjang sekitar 3.000 meter. 

"Saat ini sedang dilaksanakan pengeboran sumber air baku dan penyambungan meter air ke rumah-rumah masyarakat," kata Lurah.

Lebih lanjut Lurah Panamas juga berharap agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan sampai air benar-benar mengalir ke rumah masyarakat.

Tentunya ini dapat memberikan dampak positif yang nantinya akan menjadi bagian dari upaya penunjang peningkatan kesejahteraan lainnya.

Baca: Hamil Calon Anak Pertama, Ini Deretan Potret Kecantikan Raisa Andriana

Baca: Nyangkut di Pohon dan Berlumur Lumpur, Bayi Dua Bulan Ditemukan Selamat 5 Hari Setelah Tsunami

Diantaranya bidang kesehatan lingkungan masyarakat seperti Gerakan Buang Air Besar Sembarangan Nol (BASNO).

Pihaknya juga meminta kepada pihak terkait untuk dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS.

Lurah juga berharap pihak terkait Dinas PU, BPMD, Dinas Perindagkop UKM, dan PDAM Kabupaten Kapuas dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS. Guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS.

"Ke depan semoga distribusi air bersih ini dapat dinikmati seluruh masyarakat Kelurahan Panamas serta bisa dikembangkan ke Kelurahan Murung Keramat dan Desa Pangkalan Rekan," pungkasnya. (tribunkalteng.com/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help