Kabar Dunia

Jatuh, Semua Pesawat Tempur Tercanggih F-35 Ditarik Sementara

Jet tempur F-35 yang merupakan pesawat generasi kelima itu, saat ini selalu disebut sebagai sistem persenjataan paling mahal dalam sejarah AS.

Jatuh, Semua Pesawat Tempur Tercanggih F-35 Ditarik Sementara
wikia.com
Sosok pesawat tempur multiguna paling canggih F-35 buatan Lockheed Martin Corp. 

TRIBUNKALTENG.COM,  WASHINGTON - Penarikan sementara seluruh armada jet tempur siluman F-35 dilakukan Departemen Pertahanan AS, menyusul terjadinya insiden jatuhnya salah satu pesawat canggih itu.

Penarikan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti jatuhnya varian jet tempur F-35B saat terbang di Beaufort County, dekat Pangkalan Korps Marinir Beaufort pada 28 September lalu.

Melansir dari data awal yang dimiliki Korps Marinir, jet tempur F-35B tersebut menunjukkan ada potensi permasalahan dengan tabung bahan bakar.

"Dinas AS bersama rekan-rekan internasional telah menghentikan sementara operasi penerbangan F-35 selama perusahaan melakukan inspeksi seluruh tabung bahan bakar yang ada pada semua pesawat F-35," kata Joe Della Vedora, juru bicara dari program F-35 dilansir AFP.

Baca: Paling Canggih dan Mematikan, Jet Tempur F-35 itu Akhirnya Jatuh Juga

Baca: Ini Jalan Terjal Borussia Dortmund Kala Meraih Puncak Klasemen Liga Jerman

Baca: Membaca Surat Al Kahfi Tiap Jumat, Ini Keistimewaannya

Ditambahkan Vedora, tabung bahan bakar tersebut bakal diganti seluruhnya, setelahnya pesawat-pesawat tersebut akan dikembalikan ke status operasional. Proses inspeksi diharapkan dapat selesai dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Menurut data dari Pentagon, sebanyak 320 unit jet tempur F-35 telah dikirim secara global ke sejumlah negara yang telah membelinya, termasuk Israel dan Inggris.

Namun militer Inggris mengatakan, langkah yang diambil Pentagon tidak mempengaruhi seluruh F-35 miliknya dan hanya menghentikan beberapa misi terbang.

"Uji coba penerbangan F-35 dari kapal induk HMS Queen Elizabeth sedang berlangsung dan program tersebut tetap sesuai jadwal untuk memberi angkatan bersenjata kami kemampuan yang penting," kata juru bicara kementerian pertahanan Inggris.

x
Lokasi jatuhnya pesawat F-35 di Amerika Serikat. (CBS News)

Sementara itu, tindakan pencegahan juga dilakukan militer Israel dengan menjalankan sejumlah tes terhadap F-35 miliknya.

"Namun jika pesawat diperlukan untuk menjalani misi operasional maka F-35I akan selalu siap sedia," bunyi pernyataan kementerian pertahanan Israel.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved