Kabar Kapuas

Titik Api di Kapuas Meningkat Tajam, Ini Penyebabnya

Terpantau ada 571 hotspot di Kabupaten Kapuas dimana diketahui satu kawasan bisa terjadi berulang hotspot yang terdeteksi.

Titik Api di Kapuas Meningkat Tajam, Ini Penyebabnya
istimewa
Tim Karhutla melakukan pemadaman lahan yang terbakar di beberapa wilayah di Kabupaten Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Data Tim Posko Terpadu melalui Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Kapuas, sepanjang September 2018 terdapat peningkatan jumlah titik panas (hotspot) di Kabupaten Kapuas.

Terpantau ada 571 hotspot di Kabupaten Kapuas dimana diketahui satu kawasan bisa terjadi berulang hotspot yang terdeteksi.

Sedangkan jumlah kejadian karhutla di Kabupaten Kapuas selama September ada 63 kejadian dengan luasan lahan yang terbakar seluas 1.399,5 hektare.

Baca: Tiga Pengeroyok Bobo Ditangkap Polisi Kapuas

Dibanding Agustus lalu, tentu ada peningkatan yang cukup pesat mengenai hotspot. Dimana pada Agustus, ada 104 hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Kapuas.

Jumlah kejadian pun meningkat lebih 100 persen, di mana pada Agustus hanya ada 31 kejadian karhutla.

Namun luasan lahan yang terbakar jauh menurun. Dimana Agustus lalu, total luasan terbakar mencapai 1960 hektare sedangkan pada September seluas 1399,5 hektare.

Baca: Bupati Kapuas Minta Dinas Ini Segera Tangani Kebakaran di Desa Saka Mangkahai

Ini tak lepas dari upaya penanganan yang dari BPBD Kabupaten Kapuas dan segala instansi serta pihak terkait yang tergabung dalam Tim Penanganan Karhutla Kabupaten Kapuas.

Kebanyakan lahan yang terbakar masih jenis yang sama yakni jenis lahan tidur, vegetasi semak dan pakis. Lalu ada juga lahan perkebunan dan pertanian milik warga.

"Kami terus satu padu dalam penanganan karhutla, kami pun selalu berupaya untuk selalu sigap dalam menangani karhutla. Kerjasama semua pihak sangat diharapkan dalam hal ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga.

Baca: Ini Cara Ben Brahim Tangani Inflasi

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat pun menegaskan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah serta Camat Kabupaten Kapuas mengenai Optimalisasi Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kapuas.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 360/688/BPB-PK/5/IX/2018 tanggal 28 September 2018 perihal penanganan darurat bencana kebakaran dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulangpisau. (tribunkalteng.com/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Sofyar Redhani
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help