Kabar Kapuas

Warga Muhammadiyah Kapuas Galang Dana Bencana, Terkumpul Rp18 Juta

Warga Muhammadiyah Kapuas melakukan aksi peduli bencana baik di Kapuas maupun di Sulteng.

Warga Muhammadiyah Kapuas  Galang Dana Bencana, Terkumpul Rp18 Juta
istimewa/Warga Muhammadiyah Kapuas
Warga Muhammadiyah Kapuas saat menyalurkan bantuan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Mambulau Kecamatan Kapuas Hilir 

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Warga Muhammadiyah Kapuas melakukan aksi peduli bencana baik di Kapuas maupun di Sulteng dengan menggalang dana sumbangan, sembako serta mengumpulkan pakaian layak pakai.

Aksi peduli dilaksanakan untuk warga yang rumahnya terbakar di Kelurahan Mambulau Kecamatan Kapuas Hilir dan Desa Saka Mangkahai Kapuas Barat serta aksi peduli untuk bencana alam di Provinsi Sulteng.

Sejak awal pekan lalu mereka telah bergerak menggalang dana sumbangan yang dihimpun melalui Pos Koordinasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah juga Nasyiatul Aisyiyah.

Baca: Tersangka Kurir Sabu Asal Malaysia Mengaku Pernah Selundupkan 5 Kg ke Kalsel

Baca: Anies Hentikan Reklamasi Bernilai Ratusan Triliun, Apakah Mau Negeri Ini Dijual Murah?

Baca: Terdepak dari Jabatan Bupati karena Wanita, Kini Yantenglie Terjerat Penggelapan

Tergabung juga di dalamnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Kokam yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) serta Angkatan Muda Masjid Muhammadiyah Ar-Rahman (AMMAR) dan Amal Usaha Muhammadiyah se Kabupaten Kapuas.

Dana yang terkumpul berupa uang tunai hampir mencapai Rp 18 juta selama enam hari penggalangan dana.

Ketua Angkatan Muda Mesjid Muhammadiyah Ar-Rahman, Hasbullah mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan sebanyak Rp 7 juta berikut sembako juga pakaian layak kepada 18 Kepala Keluarga terdampak musibah kebakaran di Kelurahan Mambulau.

"Selebihnya segera kami salurkan ke saudara-saudara kita di Palu, Donggala dan Sigi melalui Lazis Muhammadiyah Wilayah Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk korban kebakaran di Saka Mangkahai akan kami serahkan langsung," kata Hasbullah.

Sementara itu Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kapuas H Suwarno menambahkan bahwa AMM maupun AMMAR terus bekerja secara sukarela di Posko yang dipusatkan di Komplek Muhammadiyah Kapuas.

Di sana juga dilaksanakan kegiatan rutin pengajian, tapak suci, Kokam juga tiap hari Jumat pagi menyantuni ratusan kaum dhuafa, fakir miskin dan orang tua jompo dalam Kota Kuala Kapuas dan sekitarnya.

Baca: Lama Berduaan di Toilet Masjid, Ulah Dua Pria Ini Bikin Kaget

Baca: Gempa Bumi Guncang Wajo 4,2 SR, Sebelumnya Gempa Bulukumba dan Sinjai, Tidak Ada Tsunami

“AMM dan AMMAR membuka rekening khusus dan menawarkan bantuan kepada warga Muhammadiyah Kapuas selaku donaturnya. Alhamdulillah selama satu tahun terakhir kami secara rutin setiap Jumat pagi telah memberi nasi bungkus terkadang juga uang tunai kepada masyarakat Kapuas yang kami anggap wajib dibantu," bebernya.

Dilanjutkannya, kegiatan sosial ini dapat terlaksana dengan lancar karena besarnya dukungan masyarakat Kapuas khususnya warga Muhammadiyah yang tulus ikhlas membagikan rejekinya untuk meringankan beban atau penderitaan sesamanya.

Hal ini sejalan dengan semboyan organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan yakni, Marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan, dan hidup-hidupkanlah Muhammadiyah, bukan mencari hidup di Muhammadiyah.

"Karena itu saya mewakili seluruh PD Muhammadiyah Kapuas menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungannya semoga mendapat pahala dari Allah SWT," pungkasnya. (tribunkalteng.com/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help