Kalteng Kita

Juara Lomba Desa di Kalteng Bakal Dapat Dana Ratusan Juta Rupiah, Ini Rinciannya

Program lomba per wilayah ini merupakan yang pertama dilakukan Kalteng. Ini dimaksudkan agar lebih memberikan pemerataan

Juara Lomba Desa di Kalteng Bakal Dapat Dana Ratusan Juta Rupiah, Ini Rinciannya
Istimewa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalteng, Hamka 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kabar gembira bagi warga desa di Kalteng. Untuk merangsang minat pembangunan di perdesaan, Pemprov kini menyiapkan program lomba desa dengan hadiah yang menggiurkan.

Tidak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan untuk hadiah lomba desa 2019 nanti totalnya mencapai Rp 6,1 miliar!

"Hadiah sengaja diperbesar agar warga desa terdorong untuk melakukan perbaikan program pembangunan," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalteng, Hamka kepada Tribunkalteng.com, Senin (1/10/2018).

Hamka menyebut, hadiah yang disiapkan bagi pemenang lomba desa disiapkan untuk desa yang dinilai berhasil mengembangkan progam pembangunan. Tidak hanya dalam pemanfaatan dana desa, tapi juga yang lainnya.

Baca: Ini Kasus Temuan Penyimpangan Dana Desa di Kalteng, Ada Kepala Desa Jadi Tersangka

Baca: Penjelasan Resmi BNPN Soal Isu Gempa Susulan 8,1 SR dan Tsunami Besar Pasca Gempa Donggala

Baca: Gempa Bumi Terjadi di Ambon, Majene dan Blitar, BMKG Rilis Soal Potensi Tsunami

Lomba desa yang akan dilakukan DPMDes Kalteng ini dilakukan menurut wilayah. Yakni wilayah Barat meliputi Sukamara, Lamandau, Kobar, dan Kotim, wilayah tengah meliputi Katingan, Gunungmas, Kapuas, dan Pulangpisau, serta Wilayah timur meliputi Murungraya, Barito Utara, Barito Timur, dan Barito Selatan.

Sistem penilaian lomba tingkat desa dilakukan per wilayah dengan hadiah masing-masing juara I Rp 50 juta untuk uang pembinaan dan Rp 400 juta untuk program, juara 2 Rp 45 juta uang pembinaan dan Rp 300 program, juara 3 Rp 40 juta dan Rp 200 juta juta untuk uang program, juara 4 Rp 35 juta uang pembinaan dan Rp 150 juta untuk program, juara 5 Rp 25 juta dan Rp 100 uang program.

"Uang program pembangunan baru akan dikucurkan setelah desa mengusulkan kegiatan apa yang dianggap perlu dilakukan oleh desa. Dengan begitu, hadiah bisa dirasaakn manfaatnya oleh warga desa," terang Hamka.

Program lomba per wilayah ini merupakan yang pertama dilakukan Kalteng. Ini dimaksudkan agar lebih memberikan pemerataan pembangunan.

Bicara hadiah lomba desa, sebelumnya diberikan hanya kepada tiga pemenang dengan hadiah Rp 10 juta untuk juara I, Rp 7 juta untuk juara II, dan Rp 5 juta untuk juara III. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help