Info CPNS 2018

Penerimaan CPNS 2018 di Kanwil Kemenag Kalteng, ''Lapor Kalau Ada yang Jamin Bisa Meluluskan!''

Mereka yang nantinya lulus dalam penerimaan CPNS 2018 di Kanwil Kemenag Kalteng, akan ditempatkan ke madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah

Penerimaan CPNS 2018 di Kanwil Kemenag Kalteng, ''Lapor Kalau Ada yang Jamin Bisa Meluluskan!''
Istimewa
Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalteng H Masrawan 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN), memastikan penerimaan CPNS 2018 hanya dilakukan melalui laman resmi yakni sscn.bkn.go.id.

Ini juga berlaku bagi formasi penerimaan CPNS pada sejumlah instansi yang secara serentak dibuka sejak 19 September 2018.

"Ini berlaku secara nasional. Tidak ada bayaran dalam proses penerimaan CPNS. Para calon pelamar hendaknya juga tidak bias dalam menerima informasi," ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Masrawan.

Baca: Kecapi Dayak di Orkestra Bawi Lamus, Begini Kata Komposer Erwin Gutawa

Baca: Penerimaan CPNS 2018, Ini 5 Jurusan Paling Dicari

Baca: Rumah Warga Jaya Karet Sampit Dibakar, Asmara Jadi Motif Pembakaran

Pada penerimaan CPNS 2018, Kanwil Kemenag Kalteng mendapatkan alokasi 206 posisi untuk sejumlah formasi CPNS.

Selain untuk guru, posisi yang dibutuhkan adalah pada penyuluh agama Islam, penghulu, jabatan fungsional tertentu, serta jabatan fungsional umum.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 196 formasi dibutuhkan untuk guru, 1 penyuluh agama Islam, 4 penghulu, 4 formasi jabatan fungsional tertentu, dan 1 formasi jabatan fungsional umum.

Pada formasi guru, 182 di antaranya untuk guru firmasi umum, 5 formasi guru bagi penyandang disabilitas, 4 formasi putra/putri Papua Barat dan Papua, serta 3 guru formasi olahragawan.

Dalam rinciannya, formasi guru yang disediakan ada 7 untuk guru Alquran hadits, 9 guru aqidah akhlak, 10 guru Bahasa Arab, 10 guru Bahasa Indonesia, 6 guru Bahasa Inggris, 3 guru BK, 1 guru ekonomi, 11 guru fikih, 43 guru kelas, 12 guru IPA, 4 guru IPS, 22 guru matematika, 20 guru penjas orkes, 8 guru PKn, 4 guru sejarah, 10 guru SKI, 8 guru seni budaya, dan 2 guru TIK.

Mereka yang nantinya lulus dalam penerimaan CPNS 2018 di Kanwil Kemenag Kalteng, akan ditempatkan ke madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Masrawan juga meminta kepada pelamar agar tidak mudah tergoda dengan iming-iming pihak tertentu yang menjanjikan dapt meluluskan sebagai abdi negara dengan meminta sejumlah uang.

Sebab dalam pelaksanaannya, penerimaan dan seleksi CPNS dilakukan dengan sistem yang ketat sehingga sulit untuk mencari celah adanya unsur 'permainan'.

Adapun materi seleksi terdiri atas Seleksi Administratif, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi yang lulus SKD.

SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Jangan percaya kalau ada yang bisa menjamin dapat meluluskan. Kalau perlu, laporkan oknum itu agar diproses secara hukum," tegas Masrawan yang ketika itu didampingi Sekretaris Tim Panitia Penerimaan CPNS Kanwil Kemenag Kalteng Ediyanto. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved