Rizal Ramli Dilaporkan Partai Nasdem ke Polisi, 720 Advokat Se-Indonesia Siap Mendampingi

Terkait dukungan para advokat, Rizal Ramli mengaku sangat bersyukur. Ia pun bersedia mengikuti proses hukum yang harus dijalani.

Rizal Ramli Dilaporkan Partai Nasdem ke Polisi, 720 Advokat Se-Indonesia Siap Mendampingi
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Menko Kemaritiman Rizal Ramli 

TRIBUNKALTENG.COM - Mantan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, yang dilaporkan oleh perwakilan partai Nasional Demokrat (Nasdem) ke Polda Metro Jaya, Senin (17/9/2018).

Terkait hal itu, sebanyak 720 advokat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia memberikan bantuan hukum secara gratis kepada Rizal Ramli

"Tadi malam kami share (rencana pelaporan Rizal Ramli) dalam 4 jam 623 (advokat menyatakan dukungannya). Terus sampai sekarang 720 advokat," ujar Ketua Dewan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan saat menggelar konferensi pers di Grand Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Terkait dukungan para advokat, Rizal Ramli mengaku sangat bersyukur. Ia pun bersedia mengikuti proses hukum yang harus dijalani.

Baca: Tantang Debat Sri Mulyani Soal Utang Negara, Rizal Ramli: Mana Berani Dia

Baca: Ini Niat Puasa Asyura 10 Muharram 1440 H di Hari Kamis 20 September 2018, Begini Lafadz Niatnya

Baca: Begini Tanggapan Jokowi Soal Hasil Ijtima Ulama II yang Dukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019

"Kami sangat menghormati hukum apapun proses hukum tentu akan kita hadapi. Dan bersyukur Prof Otto, Peradi ada 720 lawyer yang dengan sukarela mau bantu kami dalam proses hukum ini," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Diberitakan sebelumnya, Partai Nasdem diwakili Ketua Bidang Hukum, Advokasi, dan HAM Partai Nasdem Taufik Basari dan sejumlah kader Nasdem melaporkan politikus Rizal Ramli ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya.

"Kami mewakili Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh melaporkan RR (Rizal Ramli) ke Polda Metro Jaya atas dugaan penghinaan, pencemaran nama baik dan fitnah sebagaimana dimaksud Pasal 310 ayat (1) dan 311 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)," ujar Taufik di Mapolda Metro Jaya, Senin.

Ia mengatakan, dugaan pidana tersebut merujuk pada pernyataan Rizal yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak berani menegur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita karena takut kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di dua stasiun televisi pada tanggal 4 dan 6 September lalu.

Taufik mengatakan, telah melayangkan somasi terkait pernyataan tersebut.

Menurut dia, dalam somasi tersebut, Rizal diminta untuk menyampaikan permintaan maaf dan mencabut pernyataannya tersebut dan diberikan waktu 3x24 jam. Karena batas waktu yang diberikan telah lewat maka Nasdem melapor ke Polda Metro Jaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Otto Hasibuan: 720 Advokat Bela Rizal Ramli secara Gratis "

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help