Haji 2018

Tiba di Asrama Haji, Puluhan Jemaah Haji Kalteng Terserang Batuk

Sebanyak 324 orang jemaah haji Kalimantan Tengah dari keloter sepuluh tiba di Palangkaraya.

Tiba di Asrama Haji, Puluhan Jemaah Haji Kalteng Terserang Batuk
tribunkalteng.com/fathurahman
Jemaah haji Kalteng yang masuk keloter 10 saat masuk asrama Al Mabrur Jalan G Obos Palangkaraya melalui pemeriksaan petugas. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sebanyak 324 orang jemaah haji Kalimantan Tengah dari keloter sepuluh terdiri dari Kabupaten Barut dengan TPHD sebanyak 169, Kobar 138 orang, Lamandau 11, TPHD Provinsi 1 dan Petugas Keloter 5 orang dengan jumlah 324, Jumat (14 /9/2018) tiba di Palangkaraya.

Rombongan tiba subuh sekitar pukul 03.00 wib usai bertolak dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru menggunakan dua pesawat terbang pagi mendarat di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pagi hari, sekitar pukul 07.30 wib, rombongan masuk asrama Al Mabrur di Jalan G Obos Palangkaraya untuk dilakukan pemerikaaan kondisi suhu tubuh, oleh petugas medis, dan rata-rata mereka mengalami sakit batuk-batuk.

Baca: Resahkan Warga Palangkaraya, Asera Minta Polisi Tembak Begal

Baca: Khatib Jumat di Sampit Meninggal Saat Pimpin Shalat Jumat

Bahkan saat dilakukan breafing oleh petugas keaehatan, ada puluhan jemaah yang tampak terserang batuk-batuk yang diperkirakan penyesuaian cuaca dari Arab Saudi saat melakukan ibadah sebulan lebih kemudian menyesuaikan dengan cuaca di Palangkaraya.

Subhan, salah satu jemaah yang terserang batuk, mengatakan, kondisi cuaca yang berbeda yang mengakibatkannya terserang batuk.

"Sejak di arab saudi cuaca berbeda, saya sudah batuk-batuk, saat pulang ke Kalteng pun sama, batuk belum sembuh,"ujarnya.

Namun, oleh tim medis menyebut, batuk yang diderita oleh para jemaah merupakan batuk biasa yang memang diimbau , saat tiba di rumah masing-masing untuk segera berobat ke dokter atau puskesmas.

Tahun 2018 ini, ada sebanyak 1.632 jemaah haji Kalteng yang berangkat ke tanah suci Mekkah, jemaah haji tersebut terbagi dalam enam keloter yakni keloter 08 terdiri dari Barsel 122, Sukamara 27, Gunungmas 5, Bartim 161, TPHD Provinsi 3, petugas keloter 5, dengan jumalah mencapai 323 orang.

Baca: Modifikator Kalselteng Berkumpul di Murjani, Ramaikan Honda Modif Contest 2018

Keloter 10, tiba di Palangkaraya, Jumat (14/9/2018) terdiri dari Barut dengan TPHD sebanyak 169, Kobar 138 orang, Lamandau 11, TPHD Provinsi 1 dan Petugas Keloter 5 orang dengan jumlah 324., sedangkan.

Keloter 11 terdiri dari Kotim 215 orang, Katingan dan TPHD 52, Pulang Pisau 52 orang dan petugas keloter sebanyak 5 orang, jumlah keseluruhan 324 orang.

Keloter 12 Kabupaten terdiri dari Kapuas + TPHD, sebanyak 319 orang kemudian TPHD Provinsi 1 orang serta petugas keloter 5 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah H Masrawan mengatakan, semua jemaah haji yang datang dalam kondisi selamat dan sehat, meskipun ada yang masih kelelahan dan batuk.(tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help