Kesehatan

Ini Jawaban Jenis Olahraga yang Paling Efektif Bakar Kalori

Olahraga apa yang paling efisien untuk membakar kalori?. Para Ilmuwan telah membantu menemukan jawabnya.

Ini Jawaban Jenis Olahraga yang Paling Efektif Bakar Kalori
(KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO)
Dalam olahraga Crossfit, salah satu gerakan dasar yang sering dilakukan adalah melakukan lompat tali (skipping). 

TRIBUNKALTENG.COM - Kesibukan pekerjaan membuat banyak orang tak memiliki waktu untuk berolahraga untuk membakar kalori di dalam tubuh.  Olahraga apa yang paling efisien untuk membakar kalori?. Para Ilmuwan telah membantu menemukan jawabnya.

Para ilmuwan meneliti jumlah energi yang dihabiskan manusia dalam melakukan berbagai jenis olahraga. Semakin banyak otot yang terlibat dan semakin keras juga lama kita berolahraga, maka semakin banyak energi yang dikelaurkan oleh tubuh.

"Untuk memaksimalkan jumlah kalori yang terbakar, kita harus melakukan latihan yang menggunakan kelompok otot tubuh bagian bawah dan atas yang dilakukan dengan intensitas tinggi.” Demikian diungkapkan Dr Tim Church, selaku peneliti olahraga dari Louisiana State University, Amerika Serikat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Spanyol Pekan 4 Sabtu - Minggu Ini, Bilbao vs Real Madrid

Baca: Tiba di Asrama Haji, Puluhan Jemaah Haji Kalteng Terserang Batuk

Olahraga CrossFit dan model olahraga dengan metode penghitungan tabata merupakan dua model terbaik untuk membakar kalori terbanyak. Sebuah riset membuktikan salah satu "menu" olahraga CrossFit yang dinamai Cindy mampu membakar rata-rata 13 kalori per menit.

Menu yang satu ini menerapkan serangkaian pull-up, push up, dan squat sebanyak mungkin dalam satu putaran. Olahraga ini berlangsung selama 20 menit. Jadi, dengan mempraktikannya rata-rata total kalori yang terbakar adalah 260.

Tabata Beberapa riset juga membuktikan metode tabata mampu membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Model pengitungan semacam ini terdiri dari blok waktu empat menit yang mengombinasikan latihan intensitas maksimum, seperti ketahanan dan latihan aerobik dengan jeda istirahat yang singkat.

Dengan mempraktikannya, kalori yang terbakar sebesar 14,5 kalori per menit atau 280 kalori selama 20 menit olahraga. Jumlah kalori yang terbakar dalam olahraga ini mengalahkan bentuk olahraga tradisional.

"Tapi, ada variasi dalam kelas ini dan banyak orang yang telah menerapkannya," kata John Porcari, periset tabata dan pakar olahraga di University of Wisconsin, AS.

Baca: Simon McMenemy Didatangi PSSI, Kandidat Pengganti Luis Milla

Sebagai contoh, beberapa orang dalam penelitian tabata yang dilakukan John Porcari mampu membakar hingga 360 kalori selama 20 menit latihan, atau 18 kalori per menit. Namun, Porcari mengatakan jumlah kalori yang terbakar tidak selalu menjadi cara terbaik untuk menilai tuntutan energi dalam olahraga.

Total waktu yang dihabiskan dalam olahraga dan konsistensi seseorang untuk mempraktikannya juga merupakan faktor penting.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help