Kabar Palangkaraya

Eks Terpidana Korupsi Mencoba Lobi Pengurus Partai, Ini Maksudnya

Sejumlah figur yang pernah kesandung kasus korupsi telah melakukan upaya pendekatan kepada sejumlah pengurus partai

Eks Terpidana Korupsi Mencoba Lobi Pengurus Partai, Ini Maksudnya
tribunkalteng.com/faturahman
Ketua Dewan Syuro DPW PKB Kalteng, HM asera, HM Asera. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Adanya sinyal dari sejumlah pengurus Bawaslu beberapa daerah di Indonesia yang terkesan memberikan peluang kepada figur yang tersandung kasus korupsi untuk jadi calon anggota DPR juga berimbas di Kalteng.

Sejumlah figur yang pernah kesandung kasus korupsi telah melakukan upaya pendekatan kepada sejumlah pengurus partai. Hanya saja,  belum ada KPU di daerah ini yang menerima bakal calon legislatif dari terpidana kasus korupsi.

Ketua Dewan Syuro DPW PKB Kalteng, HM Asera, Kamis (13/9/2018) mengungkapkan, ada beberapa figur yang dulunya merupakan pengurus PKB di kabupaten tersandung kasus korupsi yang datang kepada ia untuk minta bantu agar bisa lolos dalam Pencalegan tahun depan.

Baca: Hasil Japan Open 2018, Fajar/Rian Melaju ke Perempat Final Susul Marcus/Kevin

Baca: Terekam CCTV Saat Berdua dengan Pacar, Video Ini Viral

"Ini dampak dari adanya keputusan Bawaslu di beberapa daerah yang terkesan meloloskan sejumlah bakal calon terpidana kasus korupsi untuk maju dalam pencalonan tersebut. Mereka datang kepada saya, paling tidak untuk pencalegan periode berikitnya bisa ikut," ujar Mantan Ketua Dewan Tanfiziyah PKB Kalteng ini.

"Memang untuk pileg tahun depan sudah susah karena sudah ditetapkan DPT nya, namun memang masih saja ada mantan terpidana kasus korupsi yang berharap bisa ikut dalam pencalonan, tapi saya tolak itu, karena dulu yang memecat mereka adalah saya sendiri ko," ujarnya.

Baca: Berapa Ekor Kuda di Gambar Ini? Ungkap Karaktermu dari Tes Kepribadian Berkut!

Asera menegaskan, dia sangat setuju dengan PKPU yang melarang calon anggota DPR dari mantan terpidana kasus korupsi dan tindak kejahatan lainnya, sehingga mantan terpidana korupsi yang datang kepadanya untuk merayu agar bisa mencaleg ditolaknya.

Sementara itu, Informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, hingga saat ini pihaknya tetap mengacu pada PKPU yang telah ditetapkan untuk persyaratan calon anggota legislatif tersebut."Kami tetap berpegangan dengan ketentuan yang ada, di Kalteng tidak ada caleg yang mantan terpidana korupsi,"ujar Ketua KPU Kalteng, H Harmain Ibrohim.(tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help