Advetorial

Bupati Gandeng TNI Buka Keterisolasian, Bangun Jalan Tembus Enam Desa di Barsel

Bekerjasama dengan TNI, Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri membuka jalan sejauh 21 kilometer yang menembus enam desa di Barsel.

Bupati Gandeng TNI Buka Keterisolasian, Bangun Jalan Tembus Enam Desa di Barsel
istimewa
Personil TNI dan instansi terkait di Pemkab Barsel saat melakukan pembukaan jalan tembus 21 km yang menghubungkan Barsel, Barut hingga ke Perbatasan Kaltim. 

TRIBUNKALTENG.COM, BUNTOK - Usaha membuka keterisolasian daerah terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, salah satunya membuka jalan untuk warga yang tinggal di daerah pinggiran di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

Melalui program TMMD dengan bekerjasama dengan TNI setempat, Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri, menggelontor dana hingga mencapai Rp1,5 miliar dari APBD Barsel dan TNI dalam membuka jalan sejauh 21 kilometer yang menembus enam desa di Barsel yang selama ini terpencil.

Program TMMD tersebut mulai dilakukan TNI dengan membuka jalan menggunakan alat berat sejak kemarin hingga menyesuaikan target untuk tiga bulan kedepan dengan mengerahkan personil TNI di Kodim Buntok ikut membuka keterisolasian daerah pinggiran tersebut.

Baca: Doa Akhir Tahun & Awal Tahun Baru Islam 2018 Bahasa Arab & Latin, Magrib Ini 1 Muharram 1440 Hijriah

Baca: Ini Kisi kisi yang Bisa Dipelajari Agar Sukses Jawab Soal Kompetensi Pendaftaran CPNS 2018

Beberapa warga desa antara lain, Desa Patas 1, Desa Luwir, Desa Buyuy, Lintang Ara dan Desa Ngurit, mengatakan, sangat mendukung kegiatan Bupati Barsel dan Kodim Buntok dalam membuka jalan tersebut sehingga nantinya diharapkan ada jalan alternatif pihaknya bepergian ke kota.

Infornasi terhimpun, selama ini warga kesulitan bepergian ke kota, akibat jalan darat yang belum tembus keseluruhan, jika pun ada jaraknya cukup jauh."Selama ini memang agak jauh ke kota tapi dengan pembukaan jalan itu, tentu akan mempermudah akses kami,"ujar Badrun, salah satu warga Buyuy, Senin (10/9/2018).

Terpisah, Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri, mengatakan, sangat berterima kasih kepada semua personil TNI yang membantunya dalam membuka keterisolasian daerah, karena peran TNI dalam membuka jalan tersebut sangat bermanfaat bagi warga pinggiran di Barsel.

Baca: Dibuka Penerimaan CPNS 2018 untuk Guru, Tersedia 122.454 Formasi Tenaga Pendidik, Daftar di Link Ini

Baca: Viral Foto SK Menkumham Sahkan Pendirian Badan Hukum TAGAR2019PRABOWOPRE SIDEN

"Jalan itu, menembus perbatasan Barito Utara (barut) dan Kalimantan Timur (Kaltim) sejauh 21 km di Desa Patas dan Buyuy , Barsel. Jalan dari Desa Patas ke perbatasan Barut sangat diharapkan, oleh masyarakat," ujarnya

Apalagi, Barito Utara merupakan Kabupaten yang kaya sumber daya alam berupa batu bara dengan pembukaan jalan juga berdampak baik bagi dua kabupaten bertetangga ini.

"Hutan di sekitar kerajaan Gunung Bawu ada Suku Bawu yang sangat di segani karena kekayaan adat istiadatnya di Barsel dan bakumpai, pembukaan jalan ini tentu akan banyak sekali manfaatnya,"ujarnya.(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help