Kabar Kapuas

Pasca Amukan Api, Dandim Perintahkan Danramil dan Babinsa Aktifkan Poskamling

Kabupaten Kapuas beberapa waktu terakhir ini menjadi rawan terjadi kebakaran rumah atau pemukiman warga.

Pasca Amukan Api, Dandim Perintahkan Danramil dan Babinsa Aktifkan Poskamling
tribunkalteng.com/fadly setia rahman
Pj Bupati Kapuas Agus Pramono didampingi Dandim 1011/Kuala Kapuas menegaskan perlunya kewaspadaan kebakaran di permukiman. 

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Tak hanya fokus dan siaga Karhutla, di Kabupaten Kapuas beberapa waktu terakhir ini menjadi rawan terjadi kebakaran rumah atau pemukiman warga.

Terkait ini, Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Inf Ahmad Syaikhu berharap keaktifan jajarannya turun ke lingkungan masyarakat.

Baca: Bebas Dari Penjara Ahok Dikabarkan Akan Nikahi Polwan Mantan Ajudan Veronica Tan

"Saya mengimbau sekaligus memerintahkan kepada jajaran saya para Danramil, Babinsa untuk mengaktifkan kembali pos keamanan lingkungan atau poskamling di masyarakat," kata Syaikhu.

Dikatakannya, hal itu sangat penting, sebagai langkah preventif atau pencegahan. Dengan diaktifkannya pos kamling, ini bisa meminimalisir atau sebagai langkah antisipasi.

Baca: Fairid Naparin Nahkodai Partai Golkar Palangkaraya, Siap Menangkan Pileg

Baca: Pasutri Nekat Tenggak Minuman Racun Hingga Tewas Bareng di Lapas, Murni Bunuh Diri?

"Jadi, jika ada kebakaran atau tanda api, bisa cepat diatasi karena ada yang jaga atau aktifnya poskamling," ungkap Dandim dijumpai usai Pemecahan Rekor MURI dengan Tari Gemu Famire, Selasa (4/9) kemarin.

Hal senada juga diungkapkan Pj Bupati Kapuas Agus Pramono. Menanggapi beberapa kali musibah kebakaran rumah warga di Kapuas, Pj Bupati memberi imbauan.

"Agar kiranya waspada dan cek rumahnya masing-masing. Misal cek kelistrikan dan lainnya, sebelum meninggalkan rumah atau mau tidur, perhatikan lagi listrik, kompor, peralatan masak dan lainnya, mari bersama cegah kebakaran," ungkap Agus Pramono seraya berharap poskamling bisa kembali diaktifkan.

Baca: Karni Ilyas Buka-bukaan Soal Indonesia Lawyers Club (ILC) Batal Tayang Pekan Lalu, Tidak Diperkusi

Baca: Kurs Dolar Hari Ini Tembus Rp 15.023 Versi Google, Sujiwo Tejo : Malah Bagus Jadi Membumi

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu terakhir, beberapa musibah kebakaran rumah atau pemukiman warga terjadi di Kabupaten Kapuas. Terbaru, dua rumah warga hangus di Desa Tamban Baru Mekar Kilometer 20,5 Komplek Hidayah Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas, Senin (3/9) sekitar pukul 20.15 WIB lalu.

Lima hari sebelumnya, empat rumah hangus dilalap api di Jalan Dohong RT 18 Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Rabu (29/8/2018) sekitar pukul 02.00 WIB.

Tiga hari sebelumnya lagi, kebakaran terbilang besar terjadi di Komplek Pasar RT 05 Kelurahan Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Minggu (26/8/2018) sekitar pukul 23.30 WIB.

Kala itu terdata ada 13 buah rumah yang hangus terbakar di lokasi tersebut. Ini tentu menjadi perhatian di Kabupaten Kapuas dimana terjadi beberapa kali peristiwa kebakaran rumah atau pemukiman warga. (tribunkalteng.com/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved