Inspirasi Bisnis

Bisnis Mandek? Langkah Ini yang Bisa Anda Coba

Ketimbang pasrah menerima kejatuhan atau bertahan dengan dalam keterpurukan hingga gagal, sebaiknya ambil langkah mundur terlebih dahulu.

Bisnis Mandek? Langkah Ini yang Bisa Anda Coba
web
ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam bisnis Anda, membuatnya menjadi lebih buruk justru lebih mudah dari pada mengubahnya menjadi lebih baik.

Padahal tidak harus seperti itu, Anda dapat menyelamatkan bisnis yang gagal tersebut. Anda harus proaktif untuk membuat pilihan sulit dan terkadang mengambil tindakan yang mungkin tidak ingin Anda ambil.

Ketimbang pasrah menerima kejatuhan atau bertahan dengan dalam keterpurukan hingga gagal, sebaiknya ambil langkah mundur terlebih dahulu.

Koreksi kembali bisnis Anda dan putuskan bagaimana cara memutarbalikkannya atau mendapatkan bantuan jika memang dibutuhkan.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan mengatasi kegagalan usaha seperti dikutip dari Fox Business

Baca: 41 Anggota DPRD Jadi Tersangka Korupsi, Pembangunan Kota Malang Terancam Lumpuh

Baca: KPK Buka Lowongan Kerja, Ada 6 Posisi Untuk Lulusan SMA dan D3/S1

Baca: Harga Beras Merangkak Naik, Ini yang Dilakukan Bulog

1. Bersedia untuk berubah

Mengklaim memiliki produk yang lebih baik. Padahal justru di sana masalahnya. Banyak pelanggan yang potensial yang justru menentang produk yang dijalankan. Anda harus mendengarkan apa yang diinginkan konsumen/pasar. Anda juga bisa memodifikasi model produk tersebut.

2. Mendapatkan bantuan

Salah satu langkah pertama Anda saat bisnis mulai menurun adalah mendapatkan perspektif dari banyak hal. Berbicaralah dengan pelanggan, orang lain yang berhasil di bidangnya, atau orang-orang yang memang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Jika pelanggan memberi tahu bahwa mereka menyukai produk Anda, tetapi harga yang ditawarkan terlalu tinggi maka Anda harus mencari cara untuk menurunkan harga atau lebih meningkatkan kualitas. Ketika Anda diberitahu tentang bagaimana bisnis Anda lambat berkembang dari banyak pesaing lain, Anda harus melakukan perubahan.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved