Kabar Dunia

Bus Wisata Kecelakaan, Tiga Menteri Bulgaria Mengundurkan Diri

Sebanyak 17 penumpang dilaporkan meninggal dunia, sementara empat orang lainnya hingga kini masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Bus Wisata Kecelakaan, Tiga Menteri Bulgaria Mengundurkan Diri
Photographer: Bulgarian Interior Ministry via AP
Petugas pemadam keamanan tengah melakukan evakuasi bus yang mengalami kecelakaan, 25 Agustus 2018 lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, SOFIA - Tiga menteri Bulgria akhirnya mengundurkan diri setelah pemerintah dikritik keras atas kecelakaan bus wisata yang menewaskan 17 orang, akhir pekan lalu.

Tiga menteri tersebut adalah Menteri Transportasi Ivaylo Moskovski, Menteri Dalam Negeri Valentin Radev, dan Menteri Pembangunan Regional dan Pekerjaan Umum Nikolay Nankov, menyatakan mundur dari jabatan mereka, Jumat (31/8/2018).

Dilansir dari AFP, kecelakaan maut terjadi pada Sabtu (25/8/2018), setelah sebuah bus keluar jalur di tengah hujan deras dan jatuh ke jurang sungai sedalam 20 meter di Bulgaria barat.

Baca: Ini Hasil Undian Liga Europa, Kelelahan akan Menghadang Arsenal di Laga Tandang

Baca: Berhadiah Honda H-RV, Brio, Uang, dan Lainnya, Open Turnamen Golf HUT Barito Selatan Bakal Digelar

Baca: Matchday 1 20 September 2018, Ini Jadwal Lengkap Liga Europa 2018-2019 Per Babak

Sebanyak 17 penumpang dilaporkan meninggal dunia, sementara empat orang lainnya hingga kini masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

x
Para pelayat berdatangan d rumah duka, korban kecelakaan bus di Bulgaria. (tdn.com)

Perdana Menteri Boyko Borisov sebelumnya telah meminta ketiga menteri tersebut untuk mundur, usai hasil penyelidikan awal menunjukkan ruas jalan yang belum lama diperbaiki menggunakan aspal berkualitas rendah.

Kementerian dalam negeri pun dituduh telah gagal menanggapi sejumlah keluhan dalam beberapa bulan terakhir dari pengendara kendaraan dari kota terdekat Svoge, yang khawatir akan peningkatan jumlah kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Selain itu, kondisi bus nahas disebut telah melalaikan satu dari dua pemeriksaan teknis yang diwajibkan oleh otoritas kementerian transportasi.

Sopir bus yang celaka, sejauh ini menjadi satu-satunya pihak yang didakwa atas insiden kecelakaan tersebut.

Namun Presiden Bulgaria, Rumen Radev, pada Kamis (30/8/2018), mengatakan sistem tender publik yang buruk untuk pengadaan dan pekerjaan konstruksi turut berperan atas terjadinya kecelakaan.

"Tragedi yang terjadi di dekat Svoge menyoroti keburukan sistem pengadaan publik dan pekerjaan konstruksi. Hal ini sangat jelas tetapi karena itu orang-orang tewas," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Merasa Bertanggung Jawab atas Kecelakaan Bus, Tiga Menteri Bulgaria Mundur"

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gara-gara Kecelakaan Bus, Tiga Menteri Bulgaria Mundur, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/09/01/gara-gara-kecelakaan-bus-tiga-menteri-bulgaria-mundur.

Editor: Sugiyarto

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help