Kabar Kapuas

Pasangan Baru Menikah di Kapuas Dapat Buku Nikah Sekaligus KTP dan KK Baru

Di Kabupaten Kapuas ada layanan inovasi yakni Pasangan baru menikah selain mendapat buku nikah juga sekalian dapat KTP dan KK baru.

Pasangan Baru Menikah di Kapuas Dapat Buku Nikah Sekaligus KTP dan KK Baru
istimewa
Penandatanganan MoU antara Kemenag Kabupaten Kapuas dan Disdukcapil Kabupaten Kapuas terkait pemberikan KTP dan KK bagi pasangan yang baru menikah. 

TRIBUNKALTENG.COM, BPOST - Biasanya pasangan yang baru menikah kembali harus tersita waktunya untuk mengurus KTP dan Kartu Keluarga (KK) baru. Namun kini di Kabupaten Kapuas ada layanan inovasi perihal itu. Pasangan baru menikah nantinya selain mendapat buku nikah juga sekalian dapat KTP dan KK baru.

Itu setelah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas melakukan MoU dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas.

Penandatanganan nota kesepahaman tentang penyelenggaraan tertib administrasi kependudukan dilaksanakan awal pekan tadi di Aula Kankemenag Kapuas. Salah satu isi dari MoU tersebut adalah terkait kemudahan untuk yang mau menikah. Dari nota kesepahaman akan diatur hal-hal yang bersifat teknis.

Baca: Ini Tahapan Penerimaan CPNS 2018, KemenPANRB Pastikan Proses Seleksi dan Lokasi Tes Lebih Mudah

Baca: 10 September Mulai Bertolak dari Madinah, Ini Jadwal Kepulangan Jamaah Haji Asal Kalteng

Maka itu, nantinya pasangan yang telah menikah selain mendapatkan buku nikah juga mendapatkan KTP elektronik baru, kartu keluarga mempelai dan kartu keluarga kedua belah pihak keluarga mempelai yang baru.

Pengurusan dokumen kependudukan tersebut dilakukan oleh KUA Kecamatan dan tentunya dengan biaya gratis.

Kakemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni mengungkapkan bahwa Kemenag Kapuas akan terus melakukan inovasi-inovasi. "Melahirkan beberapa terobosan dalam upaya membangun Kemenag yang lebih maju," katanya.

Selepas pelaksanaan penandatangan MOU kepala Kankemenag kembali lakukan penandatanganan Fakta Integritas sebagai upaya dalam merealisasikan hasil MOU tersebut.

KUA Kecamatan se Kabupaten Kapuas juga menandatangani Fakta Integritas untuk mensukseskan MoU ini. (tribunkalteng.com/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved