Otomotif

Toyota Fortuner di Pedalaman Papua Jadi Angkutan Umum, Ongkosnya Rp500 Ribu

Di pedalaman Papua Mobil-mobil seperti Toyota Fortuner, Innova, Hilux, dan Mitsubishi Triton menjadi mobil angkutan umum.

Toyota Fortuner di Pedalaman Papua Jadi Angkutan Umum, Ongkosnya Rp500 Ribu
facebook/Sigit Arifianto
Mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Hilux serta Mitsubishi Triton di pedalaman Papua menjadi angkutan umum. 

TRIBUNKALTENG.COM - Mobil-mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Hilux, Inova serta Mitsubihi Triton di Indonesia memang dikenal bandel untuk melalui medan yang sulit. Tak heran, seperti di Kalimantan mobil mahal ini banyak melintas di kawasan tambang batubara yang medannya sulit. Penggunanya pun, para pengusaha tambang.

Namun tidak demikian  di pedalaman Papua. Disana  Mobil-mobil seperti Toyota Fortuner, Innova, Hilux, dan Mitsubishi Triton menjadi mobil angkutan umum. Seperti informasi yang Grid.ID peroleh dari akun Facebook @Sigit Arifianto.

Sigit selalu menceritakan pengalamannya saat mengabdi menjadi guru di daerah pedalaman Papua.

Baca: Warga Desa Kandangan Lama Panyipatan Takut Makan Ikan Gabus, Ini Gara-garanya

Baca: Kata Jokowi Soal Tanggapan Nyinyir Atraksi Stuntman di Pembukaan Asian Games 2018, “Yang Bener Aja”

Seperti dalam unggahan tersebut, ia tampak menceritakan jika kendaraan mewah roda empat tersebut umum digunakan sebagai angkot di pedalaman Papua.

Namun, ia juga menceritakan jika mobil angkot mewah tersebut memiliki tarif yang tak murah. Tarif yang dikenakan untuk menempuh perjalanan dari kota ke pedalaman Papua yang berjarak 3 jam perjalanan sebesar Rp500 ribu.

Bahkan, untuk mencarter mobil tersebut dikenakan tarif yang jauh lebih mahal.
Sigit juga menerangkan jika uang yang biasa dikantongi para sopir angkot tersebut sebesar Rp1-3 juta tiap harinya.

Mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Hilux ataupun Mitsubishi Triton di pedalaman Papua menjadi angkutan umum.
Mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Hilux ataupun Mitsubishi Triton di pedalaman Papua menjadi angkutan umum. (facebook/Sigit Arifianto)

Biaya yang terbilang mahal tersebut ditetapkan karena para supir kebanyakan membeli mobil tersebut secara kredit. Biaya yang digunakan untuk mendatangkan kendaraan roda empat itu tak tanggung-tanggung.

Dari kota Jayapura hingga daerah pedalaman yang dituju harus diangkut menggunakan helikopter dengan biaya sekitar Rp500 juta. Belum lagi harga mobil yang dibeli sekitar Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Namun, hal tersebut dilakukan untuk mendukung mode transportasi di daerah pedalaman. Pasalnya, kendaraan mewah tersebut dianggap memiliki stamina yang baik sehingga mampu melalui jalanan pedalaman Papua yang memiliki medan sulit.

Dilansir Grid.ID dari laman GridOto.com, satu mobil dapat menampung maksimal 11 orang termasuk sopir.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help