Kabar Kalsel

Desa di Kalsel Ini Pernah Disinggahi 7 Bidadari, Begini Kisahnya

Telaga ini kemudian menjadi cerita rakyat dan kemudian diberi nama Telaga Bidadari dan juga menjadi nama Desa Telaga Bidadari

Desa di Kalsel Ini Pernah Disinggahi 7 Bidadari, Begini Kisahnya
Banjarmasinpost.co.id/aprianto
Telaga Bidadari di Desa Bidadari. Konon tempat ini dulunya dipercaya sebagai telaga yang pernah digunakan oleh bidadari dari langit untuk mandi. 

TRIBUNKALTENG.COM, KANDANGAN - Desa Telaga Bidadari di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) begitu lekat dengan kisah adanya tujuh bidadari yang pernah datang ke desa ini.

Nama Desa Telaga Bidadari konon diambil dari cerita turun temurun, adanya tujuh bidadari yang pernah mandi di sebuah telaga yang ada di desa ini.

Sebuah telaga yang tidak terlalu besar ukurannya. Telaga ini luasnya sekitar tiga meter dan panjangnya sekitar lima meteran dengan air jernih di dalamnya.

Telaga ini kemudian menjadi cerita rakyat dan kemudian diberi nama Telaga Bidadari dan juga menjadi nama Desa Telaga Bidadari yang masuk wilayah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten HSS.

Baca: Sesar Naik Flores, Penyebab Gempa Terus Menerus di NTB, Ini Penjelasan BMKG

Baca: Kamis Pagi Gempa 5.4 SR Guncang Bali, Pusat Gempa di 103 Km Barat Daya Denpasar

Baca: Ramalan Zodiak Kamis 23 Agustus, Libra: Manfaatkan Ide Kreatifmu!

Lokasi Telaga bidadari ini berada di Jalan Matang Gadung RT 4 Desa Telaga Bidadari.

Dari Kota Kandangan hanya berjarak sekitar delapan kilometer.

Kades Telaga Bidadari Hairuddin mengatakan sampai sekarang, Telaga Bidadari ini masih sering dikunjungi oleh para pengunjung khususnya dari luar Kabupaten HSS.

"Cerita tujuh bidadari yang pernah mandi di Telaga itu masih terus dikenang sampai sekarang," katanya, kemarin.

Masyarakat di Desa Bidadari masih menjaga cerita itu dari turun temurun sampai saat ini. Cerita Awang Sukma yang bergelar Datu Pulut dan Datu suling yang menikah dengan bidadari dari langit. (Banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help