Berita Kalteng

Kabut Asap Mulai Mengganggu, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng

Memasuki musim kemarau dan makin maraknya kebakaran hutan dan lahan yang telah menimbulkan kabut asap membuat mendapat perhatian Dinkes Kalteng.

Kabut Asap Mulai Mengganggu, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng
banjarmasin post group/ faturahman
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Yayuk Indriart 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Memasuki musim kemarau dan makin maraknya kebakaran hutan dan lahan di Kalteng yang telah menimbulkan kabut asap membuat mendapat perhatian Dinkes Kalteng.

Makin pekatnya kabut asap terutama pagi hari mulai membawa dampak buruk bagi kesehatan warga Palangkaraya yang mengeluhkan batuk dan sesak nafas saat keluar rumah, karena tidak tahan kabut asap.

Baca: Lahan Terbakar di Palangkaraya Langsung Disegel Wakapolda Kalteng

"Kalo ga pakai masker aku pasti batuk dan sesak nafas, karena aku memang ada asma sehingga saat musim asap seperti sekarang , penyakit ku sering kambuh bila menghirup asap," ujar Sumarlan, salah satu warga Jalan Badak Palangkaraya yang mengeluhkan kabut asap, Rabu (22/8/2018).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Yayuk Indriarti, mengatakan , penderita ISPA di Kalteng memang mengalami kenaikkan namun pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan membagikan masker kepada lembaga tertentu.

Baca: Final Bulutangkis Asian Games 2018, Timnas Putera Indonesia Berhadapan dengan Tim China

"Untuk persiapan obat-obatan dalam penanggulangan warga yang terdampak seperti ISPA dan penyakit lainnya dampak dari kabut asap sudah kami lakukan antisipasi sejak dini, stok obat masih cukup saat ini ada di masing-masing pusat pelayanan kesehatan," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: rendy nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved