Kabar Dunia

Mundur dari Senator, Mantan Presiden 'Termiskin di Dunia' Itu Tolak Terima Uang Pensiun

Dalam suratnya, dia mengaku sudah lelah. "Meski tubuh saya masih berfungsi, hati dan pikiran saya sudah tak sepaham," ujarnya.

Mundur dari Senator, Mantan Presiden 'Termiskin di Dunia' Itu Tolak Terima Uang Pensiun
EPA
Perempuan mantan gerilyawan, Lucia Topolansky (kanan), seorang senator dan istri mantan Presiden Jose Mujica (kiri), diangkat sebagai perempuan wakil presiden pertama di Uruguay. Pasangan ini pernah terpisah selama 13 tahun setelah dikurung di penjara yang berbeda.(EPA) 

TRIBUNKALTENG.COM - Pernah menjabat sebagai Presiden Uruguay, Jose Mujica, kini mengumumkan dia pensiun dari jabatannya sebagai Senator.

Surat pengunduran diri itu disampaikan oleh Ketua Senat, Lucia Topolansky, yang notabene adalah istrinya. Demikian diwartakan Newsweek Kamis (16/8/2018).

Mujica menjadi senator sejak 2015, ketika masa jabatannya sebagai presiden berakhir. Dia mundur di saat masa baktinya baru habis 2022 mendatang.

Dalam suratnya, dia mengaku sudah lelah. "Meski tubuh saya masih berfungsi, hati dan pikiran saya sudah tak sepaham," ujarnya.

Baca: LIVE STREAMING SCTV Laos vs Timnas U-23 Indonesia Asian Games 2018, Link Streaming Vidio.com

Baca: LIVE STREAMING Kompas TV Penurunan Bendera HUT RI 73 Streaming TV One, Trans TV, Indosiar, Jam 17.00

Baca: Pertandingan Marcus/Kevin Cs di Asian Games 2018, Ini Permintaan Susy Susanti Jelang Laga

Baca: Klaim Sebagai Pejuang Cinta, Luna Maya Banjir Doa Netizen

Mantan gerilyawan dan Menteri Urusan Peternakan, Pertanian, dan Perikanan tersebut menegaskan dia tidak mengambil uang pensiunnya.

Mujica menjadi perbincangan dunia ketika dia menjadi sebagai orang nomor satu di Uruguay 2010 hingga Maret 2015.

Saat itu, dia mendapat julukan "kepala negara paling ramah" serta "presiden termiskin dunia" karena kesederhanaan hidupnya.

Dari gajinya 12.000 dolar Amerika Serikat (AS), sekitar Rp 175,6 juta, politisi 83 tahun itu mendonasikan 90 persen untuk kalangan miskin.

Selain itu, dia menolak tinggal di istana kepresidenan, dan memilih tinggal di peternakan di mana dia bisa menanam bunga.

Selain itu, saat pertama kali menjabat, dia hanya mempunyai 1987 Volkswagen Beetle yang sempat ditawar 1 juta dolar, sekitar Rp 14,6 miliar, namun ditarik lagi di 2014.

Dalam wawancaranya di 2012, Mujica menyatakan bahwa dia tidak masalah jika disebut miskin. Malah, dia tidak merasa miskin.

Baginya, orang miskin adalah mereka yang terus bekerja sepanjang hidupnya demi mempertahankan gaya hidup mewah.

"Ini masalah kebebasan. Jika tidak punya ambisi, Anda tak perlu bekerja terus. Jadi, Anda punya waktu untuk memikirkan diri Anda sendiri," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan "Presiden Termiskin Dunia" Uruguay Tolak Uang Pensiun",
Penulis : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved