Kabar Barsel

Barsel Perpanjang Landasan Pacu Bandara Sanggu Buntok, Hercules pun Bisa Mendarat

Sejak 2018 hingga 2019 mendatang landasan pacu Bandara Sanggu diperpanjang sehingga tahun depan panjang landasan pacunya mencapai 1.350 meter

Barsel Perpanjang Landasan Pacu Bandara Sanggu Buntok, Hercules pun Bisa Mendarat
tribunkalteng.com/fathurahman
Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri 

TRIBUNKALTENG.COM, BUNTOK - Pemkab Barito Selatan terus melakukan perbaikan infrastruktur terhadap bandara Sanggu di Buntok, Barito Selatan . Tujuannya, agar pesawat yang bisa mendarat di bandara setempat tidak hanya jenis pesawat Susi Air saja tetapi juga pesawat berbadan lebih besar.

Dengan dasar itulah, sejak  2018 hingga 2019 mendatang landasan pacu Bandara Sanggu diperpanjang sejauh 600 meter sehingga tahun depan panjang landasan pacu Bandara Sanggu  mencapai 1.350 meter. Saat ini, bandara tersebut baru memiliki panjang landasan pacu 750 meter.

Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri, Selasa (14/7/2018) mengatakan, perpanjangan landasan pacu bandara tersebut menggunakan dana APBN dan APBD.  Dana yang diperlukan untuk perpanjangan sejauh 200 meter saja diperlukan  hingga Rp5 M.

Baca: Lagi Syantik Bikin Siti Badriah Raih Rekor Muri, Jaya Suprana Ucapkan Selamat

Baca: Amerika Serikat Bentuk Angkatan Luar Angkasa

"Pembangunannya dilakukan bertahap dengan menggunakan dana APBD Barsel serta APBN.  Dengan diperluasnya ladasan pacu bandara  tersebut, maka pesawat yang bisa mendarat bukan hanya jenis pesawat Susi Air saja tetapi pesawat jenis ATR bahkan pesawat jenis Hecules bisa mendarat," ujarnya.

Menurutnya, hal itu adalah titik awal dia dan jajarannya akan memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana di Bandara Sanggu, Buntok, karena kedepannya perbaikan bandara tersebut akan terus dilakukan.

Baca: Fadli Jubir Prabowo-Sandi, Farhat Wakili Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

"Tentu kami berharap ini bisa memudahkan warga maupun investor yang akan berinvestasi di Kalimantan Tengah khususnya Barsel, kami juga akan terus memperbaiki pelayanan dan sarananya,"ujarnya.

Sementara itu, warga Buntok, Apri, menghendaki segera dilakukan perpanjangan bandara tersebut agar pesawat yang bisa mendarat bisa lebih besar.

"Kami ingin Buntok bisa didarati pesawat berbadan besar sehingga untuk berangkat ke Surabaya atau Jakarta tidak mesti lewat Bandara Tjilik Riwut atau Syamsudinoor, Kalsel,"ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help