Sains

NASA Luncurkan Misi Paling Gila Manusia, Menyentuh Matahari!

Dengan menggunakan wahana penjelajah Parker atau Parker Solar Probe (PSP), mereka akan mengunjungi matahari untuk pertama kalinya

NASA Luncurkan Misi Paling Gila Manusia, Menyentuh Matahari!
ist/NASA
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Di saat Indonesia sedang memulai gelaran pesta demokrasi, di belahan bumi barat, sekelompok manusia yang bergabung dalam Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), sedang mempersiapkan misi yang merupakan salah satu misi paling ambisius umat manusia. 

Sabtu, 11 Agustus 2018, NASA akan memulai misi mereka untuk berada lebih dekat dengan matahari

Dengan menggunakan wahana penjelajah Parker atau Parker Solar Probe (PSP), mereka akan mengunjungi matahari untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. 

Seperti dilansir Kompas.com, misi senilai 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp20,3 triliun itu adalah untuk berada sedekat mungkin dengan matahari.

Baca: Penerimaan CPNS 2018, Siapkan 19 Hal Ini Sebelum Mendaftar

Baca: Viral Pegadaian Terima Tupperware Untuk Digadaikan, Begini Penjelasannya

Baca: Beda Usia 30 Tahun, Inilah Sosok Istri dari KH Maruf Amin Sang Cawapres Jokowi

Dengan demikian, mereka akan bisa cukup dekat untuk mempelajari angin matahari serta atmosfer misterius di bintang tersebut.

Dengan informasi itu, NASA akan dapat memprediksi cuaca antariksa, termasuk badai matahari yang dapat mempengaruhi jaringan listrik, membahayakan satelit, mengganggu sistem elektronik, dan mungkin menyebabkan kerugian hingga triliunan dolar. 

PSP akan diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di pantai Florida pada Sabtu pukul 3.33 waktu setempat atau pukul 14.33 WIB.

Perjalanan yang ditempuh, juga bukan perjalanan singkat.

Wahana ini  akan mencapai matahari beberapa bulan setelah peluncuran.

Sebelum bisa mendekati matahari, PSP akan menghadapi sejumlah kondisi serta tantangan luar biasa dalam perjalanan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help