Kabar Kalsel

Inilah Mobil Seharga Rp 3,5 Miliar untuk Bersihkan Jalan yang Dibeli Pemkab HST

Pemkab HST, Kalsel membeli sebuah mobil penyapu sampah dan penyiram debu seharga Rp 3,5 miliar.

Inilah Mobil Seharga Rp 3,5 Miliar untuk Bersihkan Jalan yang Dibeli Pemkab HST
banjarmasinpost.co.id/hanani
Penampakan Mobil Penyapu Jalan Seharga Rp 3,5 Miliar. 

TRIBUNKALTENG.COM, BARABAI - Pekerjaan pasukan orannye (sebutan untuk petugas kebersihan)  di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel  kini menjadi lebih mudah. Sebuah mobil penyapu sampah, pembersih debu serta sekaligus penyiram debu tekah dibeli pemkab setempat, menggunakan dana APBD HST anggaran 2018.

Mobil menyapu seharga Rp 3,5 miliar tersebut, mulai dioperasikan pasukan oranye, Kamis (9/8/2018).

Mobil spesifikasi khusus terbut penampilannya cukup unik. Di bagian depan bampernya terdapat sapu berbentuk bundar. Tak hanya di depan, di antara ban depan dan ban belakang, juga terdapat dua alat sapu yang sama dengan di depan bamper tadi.

Baca: Jokowi Putuskan Maruf Amin Sebagai Calon Wakil Presiden

Sedangkan di bagian belakang mobil terdapat satu selang berukuran besar yang fungsinya untuk menyiram debu jalanan.

Rahim, anggota petugas kebersihan merupakan salah satu operator mobil penyapu jalan tersebut. Dia pertama kali mengoperasikan mobil sapu, sejak pukul 09.00 Wita, dan membersihkan sampah di tengah jalan, sekaligus menyingkirkan debu tebal yang menempel di aspal.

Hasilnya, sepanjang jalan PH M Noor, Jalan Perwira Jalan Brigjen H Hasan Basry serta sejumlah ruas jalan utama di Kota Barabai menjadi bersih.

Baca: Gara-gara Cipika- Cipiki, Ketua Koperasi Terancam Pidana 12 Tahun

“Sebenarnya sudah beberapa bulan lalu mobilnya datang. Tapi pengoerasian baru dilakukan, karena menunggu angaran operasional untuk membeli bahan bakar,” kata Rahim.

 Rahim bersama rekannya yang lain telah mendapatkan pelatihan mengoperasikan fungsi-fungsi fitur yang ada di mobil tersebut sekitar satu minggu.

“Instrukturnya, langsung dari pihak pabrik,” tutur Rahim.

Baca: Ormas dan LSM di Kapuas Dihimbau Daftar ke Pemkab, Ini Tujuannya

Meski ada mobil sampah, namun petugas kebersihan sampah jalan lainnya, tetap diperjakan. Sebab, menyapu secara manual jelas Rahim tetap diperlukan, terutama di atas trotoar.

Kepala Dinas Kebersihan HST, Muhammad Yamani, menjelaskan, mobil penyapu sampah dan penyiram debu tersebut merupakan mobil impot dari Italia.

“Dibeli berdasar pengadaan dengan dana APBD 2018, sesuai E-Catalog seharga Rp 3,5 miliar,” jelas Muhammad Yani.

Baca: Sijago Merah Lumat Toko Meubel di Tjilik Riwut

Dia menjelaskan, mobil baru dioperasikan karena harus terdaftar dulu di asset daerah. Jika sudah terdaftar baru bisa mendapatkan jatah bahan bakar.

Adapun tujuan pengadaan mobil tersebut, untuk memudahkan pekerjaan membersihkan jalan di Kota Barabai, sekaligus membersihkan debu dengan cara menyiramkan melalu selang yang tedapat di belakang mobil. Mobil tersebut juga dilengkapi tangki untuk menyimpan air. Harapannya, kota jalanan di kota Barabai terpelihara dari sampah, serta polusi debu, terutama di musin kemarau. Meski demikian, warga tetap diimbau untuk tak membuang sampah semabarangan, dan membuang sampah di tong-tong sampah yang sudah tersedia. (tribunkalteng.com/hanani)

KETERANGAN FOTO : Mobil penyapu sampah jalan, saat dioperasikan petugas kebersihan jalan dari pasukan orange Kota Barabai, Kamis (9/8/2018) . BANJARMASINPOST/HANANI

Penulis: Hanani
Editor: Sofyar Redhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help