Kabar Kalsel

Nelayan Batakan Semangat Buru Ubur-Ubur, Hasilnya Untuk Diekspor

Nelayan di Desa Batakan Kabupaten Tanahlaut tak hanya mencari ikan. Tetapi, mereka juga berburu biota laut jenis Ubur-ubur.

Nelayan Batakan Semangat Buru Ubur-Ubur, Hasilnya Untuk Diekspor
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Nelayan Batakan memisahkan Ubur-ubur dari hasi tangkapan di pesisir pantai Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut 

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Anugerah kekayaan hasil laut di Kabupaten Tanahlaut beragam dan melimpah. Ubur-ubur, misalnya menjadi produk ekspor.

Kini nelayan di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut tak hanya mencari ikan. Tetapi, mereka juga berburu biota laut jenis Ubur-ubur.

Husaini alias Iluk, nelayan di Desa Batakan mengaku Ubur-ubur mulai muncul di permukaan perairan Batakan dan sekitarnya. 

"Sekitar 30 mil dari pesisir pantai Batakan. Ini musim Ubur-ubur yang terjadi empat tahun sekali. Belum melimpah Ubur-uburnya," kata Husaini dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (4/8/2018).

Baca: NEWS VIDEO - Live Streaming Evakuasi Korban KM Satya Kencana IX di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Baca: Korban Tewas Terbakarnya KM Satya Kencana IX Ternyata Warga Bangkalan

Kepala Desa Batakan, Arsani membenarkan sebagian nelayan di Desa Batakan mencari Ubur-ubur sebagai penghasilan tambahan.

"Penghasil utama masih tetap ikan. Akhir bulan delapan baru Ubur-ubur bermunculan," katanya.

Ubur-ubur dibeli para pengempul yang menunggu di pesisir pantai Batakan. Rencananya, Ubur-ubur tangkapan nelayan itu untuk diekspor. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help