Bisnis dan Ekonomi

Harga Telur Meroket, Ternyata Ini yang Jadi Pemicunya

Darmita menambahkan, keuntungan terbesar didapatkan oleh pihak-pihak yang berada di tengah produsen dan konsumen.

Harga Telur Meroket, Ternyata Ini yang Jadi Pemicunya
tribunnews

TRIBUNKALTENG.COM - Dalam sepekan terakhir, harga telur ayam mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dipasaran. 

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama dalam kenaikan harga telur ayam yang ada di pasaran. 

Rantai Pasokan

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, menyatakan bahwa harga telur ayam yang melambung tinggi disebabkan oleh rantai pasokan yang terlalu panjang.

Baca: Kepala Sekolah di Martapura ini Tolak Vaksin MR, Ini Alasannya

Baca: Terkait Dugaan Penganiayaan, Dipo Latief Laporkan Nikita Mirzani ke Polisi

Baca: Dapur Bebas Minyak dan Asap, Begini Cara Mengaturnya


Hal ini menyebabkan adanya kesenjangan harga yang tinggi dari produsen ke konsumen. 

Darmita menambahkan, keuntungan terbesar didapatkan oleh pihak-pihak yang berada di tengah produsen dan konsumen. Menurutnya, harga telur ayam di peternak sudah turun.

Cuaca Ekstrem

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa lonjakan harga telur ayam disebabkan oleh cuaca ekstrem, hal ini mengakibatkan produktivitas para peternak ayam menurun. 

“Kita sepakat mengurangi kadar obat-obatan supaya lebih sehat, tapi lebih beresiko, resikonya tingkat kematian dan produktivitas. Ada cuaca ekstrem bisa kita saksikan di Dieng ada salju,” jelas Enggar kepada Kompas.com

Harga Pakan

Harga pakan ternak pada saat ini mencapai Rp 6.800 per kilogram pada tingkat konsumen, sedangkan tingkat ritel mencapai Rp 6.500.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT), Desianto Budi Utomo membenarkan bahwa ada kenaikan harga pakan ternak pada saat ini.

Melemahnya rupiah terhadap dolar AS meningkatkan harga pakan sebesar 8% pada biaya produksinya.

Desianto menambahkan kenaikan harga pakan ternak tidak berpengaruh pada tingginya harga telur di pasaran, menurutnya, hal itu tergantung pada permintaan pasar. (TribunWow.com/Qurrota Ayun)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Inilah Sejumlah Faktor yang Membuat Harga Telur Alami Kenaikan, http://wow.tribunnews.com/2018/08/04/inilah-sejumlah-faktor-yang-membuat-harga-telur-alami-kenaikan.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved