Kabar Kalsel

Kepala Sekolah di Martapura ini Tolak Vaksin MR, Ini Alasannya

Belum jelasnya sertfikasi halal vaksin Measles Rubella (MR), membuat beberapa sekolah di Martapura menolak pembersian vaksin MR.

Kepala Sekolah di Martapura ini Tolak Vaksin MR, Ini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/M Hasby Suhaili
Kepala Darussalamah Bangun Jaya dan Darul Magrifah Sekumpul (Sekolah KH Zaini Abdul Ghani), HM Hamdani Muhdad menolak vaksi MR ke dua sekolah yang dipimpinnya 

TRIBUNKALTENG.CO.ID, MARTAPURA - Kabupaten Banjar dikenal sebagai serambi Mekkah dimana mayoritas penduduknya muslim. Belum jelasnya sertfikasi halal vaksin Measles Rubella (MR), membuat beberapa sekolah di daerah ini menyatakan menolak pembersian vaksin MR.

Kepala Darussalamah Bangun Jaya dan Darul Magrifah Sekumpul (Sekolah KH Zaini Abdul Ghani), HM Hamdani Muhdad mengatakan, secara tegas menolak. Alasannya tidak ada sertifikasi halal dari MUI dan belum ada keterangan dari Kemenag Kabupaten Banjar.

Sebagai kepala sekolah yang membawahi murid-murid dan para orang tua murid, sebagian besar tidak mau anaknya disuntik imunisasi MR. Bahkan ada yang tidak mau masuk sekolah karena tidak setuju imunisasi MR.

“Subhat, halal haramnya tidak tahu kemudian dimasukan badan manusia. Sebagai kepala sekolah tentunya bertanggungjawab tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat,” jelasnya.

Baca: Benderanya Berkibar di Palembang, Ini Sejarah Kelam Saat Israel Diusir dari Pentas Asian Games

Baca: Kalimantan Simpan Mineral Uranium Dan Lithium, Bisa Kembangkan Energi Nuklir

Dijelaskannya, dalam mendidik anak-anak hendaknya menjaga dari yang subhat, karena ilmu tidak mendapat berkat. Ilmu yang tidak berkat tidak bermanfaat.

Dia menambahkan, sampai sekarang belum ada pemberitahuan dari MUI dan Kemenag Kabupaten Banjar,  maka selama ini sikap sekolah sudah resmi meminta tidak dilakukan imunisasi vaksin MR di dua sekolah yang dipimpinnya. Sudah terjadi menolak, maka tetap menolak.

Beberapa sekolah di Kabupaten Banjar resmi menyatakan minta ditunda murid atau santrinya diimunisasi vaksin MR. Daftar nama sekolah yang meminta penundaan pelaksanaan imunisasi MR disebutkannya, Darul Ma'rifat putera, Martapura, Darul Ma'rifat puteri, Martapura, SMP Sungai Tabuk, MTs Nurrahman Martapura, MI Nurrahman Martapura, SDN Pasayangan 1 Martapura, TK Assalam Martapura, TK IT Manbaul Ulun Kertak Hanyar, PAUD IT Manbaul Ulum Kertak Hanyar. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help