Tiba di Indonesia, Begini Sambutan Meriah yang Diberikan Buat Muhammad Zohri

Bahkan, untuk menghargai pahlawan olahraga Indonesia itu, Menpora Imam Nahrawi beserta dengan beberapa anggota DPR RI dan Ketua Umum PB PASI,

Tiba di Indonesia, Begini Sambutan Meriah yang Diberikan Buat Muhammad Zohri
tribunnews.com/abdul majid
Personel gendang beleq yang menyambut Lalu Muhammad Zohri saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (17/7/2018). Tribunnews/Abdul Majid 

TRIBUNKALTENG.COM, TANGERANG - Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri berhasil mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas dalam kejuaraan Dunia Atletik lari 100 meter U-20 di Finlandia, Rabu 12 Juli 2018.

Keberhasilannya pun membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga.

Bahkan, untuk menghargai pahlawan olahraga Indonesia itu, Menpora Imam Nahrawi beserta dengan beberapa anggota DPR RI dan Ketua Umum PB PASI, Mohamad Bob Hasan, rela datang langsung untuk menyambut kedatangan Zohri di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, yang tiba pada Selasa (17/7) jelang tengah malam.

Pantauan Tribun, Terminal 3 Ultimate tempat kedatangan penumpang dari internasional, sudah terlihat sangat ramai dengan kehadiran sejumlah pejabat hingga puluhan wartawan satu jam sebelum pesawat Garuda Indonesia yang ditumpangi Zohri tiba.

Baca: Berlatih Tanpa Alas Kaki karena Tak Mampu Beli Sepatu, Muhammad Zohri Menjadi Pelari Tercepat Dunia

Baca: 1000 Triliun Ton Berlian Ditemukan Mengendap di Bawah Permukaan Bumi

Baca: Ramalan Zodiak Anda, Carpicorn: Kesempatan di Pelupuk Mata, Ayo Raih!

Bahkan, para penumpang yang ada di sekitar pun mencoba mendekat ke area konferensi pers untuk melihat kedatangan Zohri lebih dekat.

Namun, peyambutan atlet berprestasi kali ini terlihat berbeda dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade 2016. Pasalnya, Zohri yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) disambut dengan alunan musik tradisional asal NTB, Gendang Beleq.

Terlihat lima orang yang mengenakan pakaiat tradisional khas NTB bersiap menyambut kedatangan Zohri. Mereka juga dilengkapi berbagai alat musik mulai dari gendang, suling bambu dan cenceng.

Mereka menyatakan, penyambutan ini sebagai penyambutan untuk pejuang dari medan perang. “Ya musik ini dahulunya itu buat nganter para pejuang ke medan perang begitu pun menyambutnya saat pulang,” kata Aldo, salah satu personel asal NTB.

Gendang Beleq adalah alat musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok. Gendang Beleq berasal dari Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Asal kata Gendang berasal dari bunyi gendang itu sendiri, yaitu bunyi deng atau dung. Dan Beleq berasal dari bahasa Sasak yang berarti besar. Gendang Beleq berarti gendang besar.

Sementara itu, Bill personel Gendang Beleq tersebut lebih menyikapi kedatangan Zohri sebagai pahlawan Indonesia dan NTB.

Zohri sangat luar biasa bisa mengharumnkan bangs Indonesia dan mengangkan pulau Lombok. Saya pikir ini harus menjadi acuan orang-orang lain agar bisa semangat berjuang dari enol seperti Zohri yang berasal dari keluarga sangat sederhana,” ujarnya.

Pelatih pelatnas atletik, Eni Nuraini yang turut menyambut kedatangan Zohri menyebut prestasi Zohri tidak lepas dari kerja kerasnya sendiri. Menurutnya, Zohri adalah sosok yang sangat disiplin selama menjalani latihan di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Kelebihan Zohri dari pada pelari lainnya soal konsistensi dia. Kami sudah melihat potensinya dari usia 17 tahun," ujarnya.

Zohri sempat berujar kepada Eni, bahwa ia memiliki niat mengharumkan bangsa Indonesia. "Waktu pertama datang, dia (Zohri) bilang ke saya mau berhasil. Saya tekankan kembali bahwa untuk menjadi sukses kamu harus benar-benar disiplin," tukasnya. (Tribun Network/jid/rey/coz)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Zohri Disambut Gendang Beleq Saat Tiba di Bandara, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/18/zohri-disambut-gendang-beleq-saat-tiba-di-bandara.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help