Pilkada 2018

27 Juni Pilkada Serentak, Dukcapil Berjanji Tetap Buka Layanan

"Seluruh dukcapil tetap buka. Walaupun libur, tapi tetap kita buka, itu bentuk dukungan kita"

27 Juni Pilkada Serentak, Dukcapil Berjanji Tetap Buka Layanan
kompas.com
Kepala Satuan Pelaksana Dukcapil Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Ahmad Yusuf, menunjukkan E-KTP bagi warganya yang telah selesai dicetak, Kamis (30/8/2012). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, layanan kependudukan dan catatan sipil bagi para pemilih tetap akan dibuka saat pencoblosan Pilkada 2018 pada Rabu (27/6/2018).

"Seluruh dukcapil tetap buka. Walaupun libur, tapi tetap kita buka, itu bentuk dukungan kita (untuk persiapan Pilkada)," kata Zudan kepada Kompas.com, Minggu (24/6/2018).

Baca: Cara Mudah LIVE Trans TV Inggris Vs Panama, Pakai Kartu Indosat, XL & Telkomsel di Hp Kamu!

Menurut Zudan, langkah ini sudah menjadi komitmen Kemendagri melayani masyarakat. Ada atau tidaknya pemilihan, Kemendagri tetap membuka layanan identitas kependudukan.

Jadi kalau Dukcapil itu pilkada atau enggak ada pilkada, kita pelayanan kependudukan itu sesuatu yang memang menjadi pekerjaan pokok. Jadi, ya kita pastikan jalan terus mau ada pilkada atau enggak," kata Zudan.

Baca: MotoGP Belanda 2018 - Marc Marquez Suka Persaingan Ketat di MotoGP 2018

Dukcapil di berbagai daerah juga tetap menjalankan layanannya pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, kata dia, Kemendagri terus melakukan jemput bola perekeman KTP elektronik.

"Tetap pelayanan dukcapil jalan terus termasuk Sabtu, Minggu ini kan banyak yang masuk (permintaan layanan), kami lakukan di car free day, jemput bola di sejumlah titik dan sebagainya," katanya.

Secara khusus, Kemendagri saat ini sedang mempercepat perekaman e-KTP di berbagai lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan.

Zudan menjamin pihaknya akan terus berupaya mempercepat perekaman e-KTP ke masyarakat. "Pokoknya yang belum sempat rekam nanti kita rekamin semua," tegas Kemendagri, kata dia, juga sudah memberikan hak akses kepada seluruh Komisi Pemilihan Umum di daerah untuk mengakses nomor induk kependudukan (NIK).

Langkah itu untuk mendukung KPU dalam menghadapi berbagai potensi masalah terkait dengan kependudukan.

"KPU enggak perlu ragu-ragu untuk memasukkan pemilih ke DPT (daftar pemilih tetap) atau mencoret penduduk dari DPT. Nanti begitu diketik namanya akan keluar alamat jelasnya di mana, umur berapa dan sebagainya langsung kelihatan, jadi enggak perlu ngecekin satu-satu, tinggal lihat saja database kita," kata dia.

Dukcapil Kemendagri juga akan terus membuka layanan call center 1500 537 untuk merespons permasalahan terkait identitas kependudukan pemilih.

KPU telah menetapkan pemungutan suara pilkada serentak akan gelar pada 27 Juni 2018. Ada 171 daerah yang akan berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada.

https://nasional.kompas.com/read/2018/06/24/13482321/27-juni-pilkada-dukcapil-tetap-buka-layanan
Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved