Pemprov Kalteng Inginkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berada di Pinggiran

Masih adanya keluhan warga pinggiran kota terutama yang tinggal di bantaran sungai, pelosok kecamatan Kabupaten

Pemprov Kalteng Inginkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berada di Pinggiran
net
Ilustrasi PLTS 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Masih adanya keluhan warga pinggiran kota terutama yang tinggal di bantaran sungai, pelosok kecamatan Kabupaten dan Kota se Kalteng yang belum mendapatkan listrik, jadi perhatian pemerintah.

Informasi yang terhimpun dari warga pinggiran, seperti di Kecamatan Rakumpit, Palangkaraya, Kalteng, mereka belum dapat jaringan listrik PLN, karena permukiman mereka belum tembus jalur darat.

Untuk penerangan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Namun, keterangan Syaiful, warga Rakumpit, daya pembangkit listrik tenaga surya yang tersedia masih sangat kecil sehingga kadang dibarengi dengan penggunaan mesin genset.

"Jika cuma PLTS jelas dayanya kecil sekali, makanya kami juga pakai mesin genset,"ujarnya.

Warga pinggiran berharap ada jaringan listrik yang masuk hingga ke permukiman yang ada di pinggiran agar mereka juga menikmati aliran listrik untuk penerangan dan penggunaan alat elektronik lainnya.

Hingga saat ini ada sekitar 200 desa dipinggiran di Kalimantan Tengah yang belum berlistrik, karena belum masuk jaringan PLN.

Untuk penerangan sebagian masih menggunakan lampu teplok, mesin genset dan PLTS.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri, Sabtu (236/2018), kepada wartawan mengakui masih banyak desa di Kalteng yang belum terjamah PLN.

Pihaknya memang mengusulkan PLTS untuk penerangannya.

"Ya, memang masih banyak yang belum berlistrik, kami tahun 2019 mengusulkan untuk pengadaan PLTS yang terpusat, sehingga meski PLN belum masuk, tetapi masih ada pembangkit lain yang membantu penerangan permukiman warga pinggiran," ujarnya.

www.banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help