Kabar Dunia

Raih 144 Suara Majelis Umum, Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Majelis Umum PBB menetapkan Indonesia satu di antara lima negara yang akan bergabung sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB

Raih 144 Suara Majelis Umum, Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Twitter/Kemlu RI
Majelis Umum PBB di New York memilih Indonesia sebagai Anggota Dewan Keamanan PBB, Jumat (8/6/2018) malam WIB. 

TRIBUNKALTENG.COM - Indonesia terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan (DK) PBB di New York AS, Jumat (8/6/2018) malam WIB.

Majelis Umum PBB menetapkan Indonesia satu di antara lima negara yang akan bergabung sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB bersama Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika.

Situs ABCNews mengabarkan bahwa Indonesia mengalahkan Maladewa dalam pemilihan dengan perolehan suara 144 berbanding 46.

Seperti diketahui dalam DK PBB terdapat lima negara anggota tetap yakni China, Perancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat dan 10 anggota tidak tetap.

Baca: Rusia Keluarkan Resolusi Kutuk Serangan AS dan Sekutunya ke Suriah, Dewan Keamanan PBB Menolak

Baca: 2 ABG Diikat lalu Disiksa Gara-gara Diduga Mau Curi Burung, Videonya Viral

Baca: Lucinta Luna Laporkan Akun Gosip ke Polisi, Rahasia Ini Malah Terungkap

Anggota Tidak Tetap DK PBB bertugas selama dua tahun, di mana setiap tahun dipilih lima negara untuk menempati posisi itu.


Beberapa saat setelah resmi terpilih, akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI juga mengumumkan kabar dari sidang Majelis Umum ini.

Akun Twitter Kemlu RI memasang tagar #INDONESIA4UNSC dan #ATruePartner4Peace di bawah kabar terpilihnya lima negara Anggota Tidak Tetap DK PBB yang akan bertugas 1 Januari 2019.

Menempati posisi sebagai anggota DK PBB menempatkan negara-negara di dalamnya dalam posisi lebih strategis untuk memberi pengaruh terkait persoalan keamanan dan perdamaian dunia.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB, http://wow.tribunnews.com/2018/06/08/indonesia-terpilih-sebagai-anggota-tidak-tetap-dewan-keamanan-pbb.

 

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help