Kalteng Kita

Langganan Terendam, Jalan Bukit Rawi Bakal Digarap Sistem Jembatan Layang, Segini Dananya

Jalan penghubung Palangkaraya dengan, sejumlah kabupaten di Kalteng ini, merupakan akses jalan penghubung yang sangat diperlukan

Langganan Terendam, Jalan Bukit Rawi Bakal Digarap Sistem Jembatan Layang, Segini Dananya
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Jalur Trans Kalimantan Poros Tengah Desa Bukitrawi yang setiap tahun terendam akibat luapan Sungai Kahayan. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Pusat Melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VII Kementerian PUPR, direncanakan akan melakukan pembangunan jalan layang atau fileslab di lokasi jalan banjir Desa Bukitrawi, Pulangpisau, yang merupakan jalan poros tengah trans Kalimantan, tahun 2019 mendatang.

Jalan penghubung Palangkaraya dengan, sejumlah kabupaten di Kalteng ini, merupakan akses jalan penghubung yang sangat diperlukan oleh warga yang selama ini bepergian dari Palangkaraya menuju, Kabupaten Gunungmas, Pulangpisau arah Bukitrawi, dan sejumlah kabupaten di daerah aliran sungai barito.

Beberapa warga yang melintas di jalan tersebut, saat musim kering seperti sekarang, masih dihadapkan dengan banyaknya lubang, dampak dari jalan aspal yang terkelupas yang tampak hingga lima kilometer di Desa Bukitrawi tersebut.

Untuk menghindari kerusakan kendaraan akibat melewati jalan berlubang tersebut, pengemudi harus pandai dalam mencari jalur yang tidak mengalami kerusakan, agar perjalanan tetap lancar melewati lokasi yang banyak titik lubangnya hingga lima kilometer.

Baca: Jalan Bukit Rawi Terendam, Begini Curhatan Gubernur Kalteng

Baca: Penumpang Berhamburan Lewat Pintu Darurat, Begini Kronologi Ancaman Bom Pesawat di Pontianak

Baca: Terungkap dari Sisi Medis Pengetahuan Modern, Ini 20 Mukjizat Puasa!

"Ya, harus pandai memainkan stir kendaraan sehingga jalan yang dilewati juga pada titik aman untuk dilalui, memang jika diperhatikan lubang akibat aspal terkelupas cukup banyak,sehingga harus hati-hati saat lewat," ujar Khairullah, warga Palangkaraya,Selasa (29/5/2018).

C
Antrean kendaraan tampak mengular di Bukitrawi (Pulangpisau) akibat jalan rusak kemudian diberlakukan buka turup jalan satu jalur. (Istimewa)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kalteng, Salahuddin, mengakui jalan tersebut yang mengalami rusak parah sejauhlima kilometer dan memang harus diperbaiki segera dan sudah diusulkan melalui balai.

"Rwncananya tahun depan akan mulai digarap proyek jalan layang atau fileslab di lokasi bukitrawi tersebut sejauh tiga kilometer, sedangkan untuk dua kilometernya hanya penimbunan, dana yang diperlukan mencapai 350 M untuk pembangunan fileslab tersebut," ujar Salahuddin. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved