Kabar Dunia

Jet Tempur Sukhoi Jatuh di Suriah Akibat Burung, Dua Pilot Rusia Diyakini Tewas

Pesawat jet tersebut merupakan armada udara yang banyak digunakan untuk meluncurkan rudal udara ke darat pada misi serangan udara di Suriah

Jet Tempur Sukhoi Jatuh di Suriah Akibat Burung, Dua Pilot Rusia Diyakini Tewas
web
sukhoi

TRIBUNKALTENG.COM, HEMEIMEEM - Diduga akibat alami kerusakan teknis, jet tempur canggih Sukhoi SU-30 milik angkatan udara Rusia dilaporkan terjatuh di lepas pantai Suriah, Kamis (3/5/2018).

Dua pilot yang menerbangkan pesawat diyakini tidak dapat menyelamatkan diri.

Kantor berita pemerintah Suriah, Tass, mengutip pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pesawat tempur yang jatuh merupakan tipe Sukhoi Su-30.

Pesawat tersebut jatuh tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hemeimeem di Suriah.

Baca: Pemberontak Tembak Jatuh Pesawat Sukhoi Milik Rusia, Pilot Terbunuh

Baca: Pilot dan Karyawan Garuda Ancam Mogok, Menteri Perhubungan Angkat Bicara

Baca: Triwulan I 2018, BRI Bukukan Laba Rp 7,42 Triliun!

Kementerian menegaskan tidak ada serangan apa pun yang terjadi saat insiden, menyebutkan dugaan awal pesawat jatuh akibat kerusakan teknis yang disebabkan seekor burung yang tersedot ke salah satu mesin.

"Informasi awal, kecelakaan terjadi lantaran burung yang masuk ke dalam mesin. Pesawat tidak terkena proyektil apa pun," bunyi pernyataan kementerian.

Pesawat Sukhoi Su-30 merupakan salah satu jet tempur paling canggih milik Rusia yang mulai diterbangkan pada 2012.

Pesawat jet tersebut merupakan armada udara yang banyak digunakan untuk meluncurkan rudal udara ke darat pada misi serangan udara di Suriah yang menyasar target pemberontak, serta mengawal serangan jet dan pembom taktis.

Insiden jatuhnya pesawat militer Rusia di Suriah cukup sering terjadi. Dilansir dari SCMP, pada Maret lalu, sebuah pesawat kargo militer Rusia jatuh dan menewaskan 39 orang. Militer menyebut kecelakaan maut tersebut yang terjadi saat pesawat akan mendarat itu disebabkan kesalahan teknis dan bukan karena ditembak jatuh. (Kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jet Tempur Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Diyakini Tewas"

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help