Kalteng Kita

Gunakan Teknologi Tepat Guna Jadi Cara Efektif Cegah Karhutla di Kalteng

Saat ini, petugas Karhutla menggencarkan upaya pencegahan kebakaran lahan dengan melakukan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan

Gunakan Teknologi Tepat Guna Jadi Cara Efektif Cegah Karhutla di Kalteng
tribunkalteng.com/faturahman
Petugas memperagakan pemadaman lahan gambut terbakar menggunakan zat kimia sehingga air yang digunakan untuk memadamkan api tampak berbusa. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Provinsi Kalimantan Tengah, hingga, Jumat (20/4/2019) belum terlihat adanya kebakaran lahan maupun hutan yang diperkirakan, karena warga sudah tidak berani membuka lahan dengan cara bakar, karena menghadapi sanksi tegas aparat.

Saat ini, petugas Karhutla menggencarkan upaya pencegahan kebakaran lahan dengan melakukan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan, karena fokus upaya pencegahan sebelum terjadi kebakaran lahan maupun hutan.

Deputi Direktur Bidang Pencegahan Karhutla, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sunarno, saat berada di Palangkaraya, mengungkapkan upaya pencegahan diutamakan saat ini, karena musim kemarau terjadi Bulan Mei hingga Juni 2018 mendatang.

"Kami sudah membuktikan untuk pencegahan kebakaran tahun 2016 lalu mengalami penurunan hingga 90 persen dari tahun 2015, sehingga upaya pencegahan merupakan upaya efektif dalam pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Baca: Nyalon jadi Presiden Indonesia, Ini 5 Fakta Seputar Sam Aliano, Pengusaha Kaya Keturunan Turki

Baca: VIDEO: Wajah Siswa Dielus-elus, Lalu Tamparan Keras Guru Ini Melayang

Baca: Aksi Seorang Pria Bujuk Mahasiswi Cantik Jadi PSK Viral di Medsos, Begini Modusnya

Sementara itu, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Regional Kalimantan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Joni Santoso mengatakan, dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan, khususnya lahan gambut pihaknya akan menggunakan teknologi tepat guna.

Menurut dia, dalam penyemprotan kebakaran lahan gambut dilakukan dengan cairan zat kimia ramah lingkungan yang sangat efektif dalam upaya pencegahan kebakaran lahan gambut yang dicampurkan dengan air untuk penyemprotan api yang membakar lahan gambut. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help