Kajian Islam

Tak Sembarangan Berikan ASI kepada Anak, Begini Ajarannya Menurut Islam

Alquran menganjurkan agar ayah atau suami mendukung istri dalam pemberian ASI dengan memberikan nafkah dalam bentuk makanan yang bergizi

Tak Sembarangan Berikan ASI kepada Anak, Begini Ajarannya Menurut Islam
net
ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Pemberian air susu ibu (ASI) merupakan jalinan hubungan antara ibu dan anak dengan rasa memberikan sesuatu yang diperlukan bagI anak.

Alquran menganjurkan agar ayah atau suami mendukung istri dalam pemberian ASI dengan memberikan nafkah dalam bentuk makanan yang bergizi untuk memperoleh ASI yang berkualitas.

Baca: Ini Doa Istighfar Bulan Rajab Susunan Para Ulama

Baca: Bikin Geleng Kepala! Sambil Menyusui Bayi, Emak-Emak Ini Main Kartu

Baca: Mengaku Hamil Oleh Mantan Suami Ayu Ting Ting, Ini Pengakuan Blak-blakan Disya Rosa

Mashunah Hanafie, uztadzah di Banjarmasin, memaparkan, dalam surah Al Baqaroh ayat 233 disebutkan bahwa para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf.

"Ayat tersebut menganjurkan seorang ibu untuk menyusui buah hatinya selama 2 tahun dan mengharuskan adanya kerjasama antara ibu dan ayah dalam pemberian ASI," jelasnya.

ASI adalah minuman dan makanan anak maka seorang ibu hendaknya sebelum memasukan puting susu mengucapkan Bismillahirrahmanirrohim.

Susukanlah di tempat yang tenang jauh dari keramaian, di kamar misalnya agar posisi bayi dan payudara ibu dalam posisi yang benar.

Susukanlah dengan Ihlas, tidak dalam keadaan marah, jengkel dan kecewa, maka berikanlah ASI eksklusif demi memenuhi 100 persen asupan yang dibutuhkan bayi. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved