Bisnis dan Ekonomi

Kondisi Perbankan Kalteng Melemah, Bank Indonesia: Korporasi Mulai Beralih ke Obligasi

Bank Indonesia perwakilan Kalteng mencatat, selama bukan itu aset perbankan sebesar Rp 29,19 triliun.

Kondisi Perbankan Kalteng Melemah, Bank Indonesia: Korporasi Mulai Beralih ke Obligasi
Kompas/Priyombodo
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kondisi perbankan di Kalteng selama Februari 2018, cenderung melemah. Ini terindikasi dari menurunnya aset dan kredit perbankan.

Bank Indonesia perwakilan Kalteng mencatat, selama bulan itu aset perbankan sebesar Rp 29,19 triliun. Padahal pada Januari 2018, tercatat menembus angka 32,02 triliun.

Baca: Bank Indonesia Kaji Penerbitan Mata Uang Digital Jadi Alat Pembayaran

Baca: VIDEO: Minta Uang, Pengendara Memilih Ditilang eh Oknum Polantas Ini Marah!

"Menurunnya pertumbuhan aset dan kredit terjadi karena adanya opsi pembiayaan korporasi di Kalteng melalui penerbitan surat obligasi berdasarkan konfirmasi ke pihak perbankan," ujar Kepala Tim Advisori dan Pengembangan Ekonomi Setian, Kamis (5/4/2018).

Bersama Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Devy Ika Puspitosari, Setian pada paparan bulanan indikator makro, menyebut kualitas pembiayaan (NPL) perbankan Kalteng pada Februari 2018 juga memburuk dari sisi lokasi bank sebesar 1,53 persen.

Baca: Mengaku Hamil Oleh Mantan Suami Ayu Ting Ting, Ini Pengakuan Blak-blakan Disya Rosa

Baca: Suporter Liverpool Mengamuk, Manchester City Desak Liverpool Minta Maaf

Namun dari sisi lokasi proyek lebih baik yakni 1,11 persen jika dibandingkan dengan posisi Januari 2018 yang tercatat 1,24 persen untuk lokasi bank dan 1,16 persen untuk lokasi proyek.

"Namun komponen DPK tercatat mengalami sedikit peningkatan pada Februari 2018 menjadi Rp 23,01 triliun. Sedangkan Januari tercatat Rp 22,45 persen," timpal Setian.

Peningkatan DPK ini, kata dia, sejalan dengan indikasi melemahnya konsumsi masyarakat yang cenderung menahan diri untuk berbelanja dan menabung di perbankan. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved