Kabar Kalimantan

Pemetaan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Satelit Amerika Diturunkan

tim penanggulangan dampak tumpahan minyak sedang turun di lapangan, begitu juga satelit yang sudah mulai mengorbit di atas langit Balikpapan

Pemetaan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Satelit Amerika Diturunkan
Istimewa
Asap hitam dan api yang diduga muncul dari kawasan Teluk Balikpapan pada Sabtu (31/3/2018) pagi. 

TRIBUNKALTENG.COM, BALIKPAPAN - Sehari paska insiden tumpahnya minyak dan kebakaran di perairan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3/2018) kemarin, sebuah satelit metereologi seri ke-3 milik pemerintah Amerika Serikat bernama NOAA (National Oceanic and Atmospheric Admininistration) diturunkan langsung meneropong perairan Balikpapan.

Kehadiran satelit ini, diharapakan mampu menyajikan peta utuh sebaran tumpahan dan efek tumpahan minyak yang diduga sampai ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu.

Baca: Penampilan Cut Tari Makin Bening Setelah Hampir 8 Tahun Berlalu Sejak Video Panasnya Beredar

"Kita sudah koordinasi dengan pengelola satelit NOAA"ujar Tri Bangun Laksana, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimanatan (P3EK) dihubungi lewat sambungan telepon, Minggu (1/4/2018).

Lanjut pria yang akrab disapa Sony ini, dipilihnya penggunaan satelit itu, karena kecanggihan dan keakurasianya dibandingkan menggunakan aplikasi penginderaan google earth, atau sebatas penginderaan manusia biasa.

Nantinya, citra satelit yang berhasil ditangkap, NOAA ini, akan diolah sedemikian, bahkan di overlay ke peta administrasif kota. Sony menyebut, penyajian peta utuh ini, berguna mempercepat proses penanggulangan limbah minyak diberbagai titik.

Dari informasi yang ia terima, tim penanggulangan dampak tumpahan minyak sedang turun di lapangan, begitu juga satelit yang sudah mulai mengorbit di atas langit Balikpapan menjelang siang tadi.

Baca: Ingin Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Coba Cara Ini

"Tunggu deh, saya tidak janji mungkin sore ini sudah teridentifikasi sekarang lagi digroundcheck,"ujarnya saat ditanya kapan hasil pemetaan itu rampung.

Sony tak menyebut, penyewa dan berapa dana yang dihabiskan untuk menyewa satelit tersebut. Terpenting katanya, data sebaran itu bisa segera dimanfaatkan untuk melokalisir dan menanggulangi dampak tumpahan minyak yang berresiko merusak lingkungan.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help