Kabar Kapuas

7.257 Siswa SD di Kapuas Dipastikan Ikut USBN

Pembuatan soal USBN melibatkan 36 orang, dan setiap kecamatan diwakili satu orang. Mereka mengerjakan soal selama 5 hari sampai malam.

7.257 Siswa SD di Kapuas Dipastikan Ikut USBN
TRIBUNKALTENG.co/jumadi
Ilustrasi - Siswa sedang mengerjakan soal Ujian Nasional. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Sebanyak 7.257 siswa sekolah dasar di Kabupaten Kapuas mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018. Dari jumlah tersebut dengan rincian siswa putra 3.735 orang dan siswa putri berjumlah 3.522 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Ilham Anwar melalui Kabid Pendidikan Dasar Muhammad Hassan yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/3) mengatakan, mereka yang mengikuti USBN seperti dari sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Sedangkan untuk soal USBN tak lagi semuanya dibuat dari pusat, namun dari Kabupaten Kapuas. Untuk soal dari pusat sendiri hanya 20 persen saja.

Baca: Kota Unik, Tersembunyi di Bawah Tanah di Sebuah Pulau Mewah

Pembuatan soal USBN melibatkan 36 orang, dan setiap kecamatan diwakili satu orang. Mereka mengerjakan soal selama 5 hari sampai malam.

Dikatakan Hassan, berbeda dengan tahun kemarin bahwa semua soalnya dibuat oleh pusat. Pembuatan soal USBN 80 persen dari kabupaten berdasarkan kebijakan dari pusat.

"Apabila pembuatan soal semuanya dari pusat, maka soal jawaban ada yang sulit dimengerti. Seperti contoh berapa jam perjalanan kereta api dari Surabaya ke Jakarta. Sedangkan di Kalimantan, apalagi di Kapuas tidak ada kereta api. Bagaimana siswa bisa menjawabnya," terang Hassan.

Baca: Dana Pensiun PNS Bakal Dibayarkan Semua, Berlaku Tahun Ini

Ditanya, mulai kapan pelaksanaan USBN, menurutnya mulai tanggal 3, 4 dan 5 Mei mendatang. Tetapi 5 hari sebelum pelaksanaan, maka semua soal sudah didrof ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.

"Pada saat semua soal berada di Kantor Dinas Pendidikan, kami minta bantuan dua anggota polisi dari Polres Kapuas," urai Hassan.

Pelaksanaan USBN tanggal 3, 4 dan 5 Mei dan 5 hari sebelum pelaksanaan. Soal sudah dikirim ke Kapuas. Mata pelajaran yang diujikan, seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Baca: Tak Boleh Buang Air Selama 3 Hari Usai Menikah, Begini Tradisi Unik Suku Tidung di Kalimantan Utara

Perispan-persiapan siswa yang akan mengikuti USBN, seperti triout, dan les-les yang disarankan dan dipandu para guru. "USBN tak menentukan kelulusan. Tetapi yang menentukan nilai rapot dan ujian sekolah,"tambah Hasan.

Dikatakan Hasan, pihaknya mengimbauan kepada orangtua siswa agar lebih mengontrol anak dan jangan begadang. (TRIBUNKALTENG.COM/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved