Home »

Video

Kabar Kapuas

VIDEO: Seru! Begini Suasana Upacara Adat Laluhan di Kapuas

Acara laluhan disaksikan ratusan warga masyarakat Kota Kualakapuas yang sudah lama menunggu di Dermaga Danau Mare.

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS – Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kota Kapuas ke 212 dan Hari Ulang Tahun ke 67 Pemkab Kapuas Tahun 2018, salah satunya adalah upacara adat Laluhan atau Perang Air Suku Dayak Ngaju, Rabu (21/3/2017) siang.

Baca: Pengungkapan Kasus Skimming, Polisi Sebar Anggota ke Tiga Provinsi Ini

Upacara laluhan bertempat di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, tepatnya di depan Dermaga Danau Mare Kota Kualakapuas, seusai upacara peringatan Hari Jadi Kota Kapuas ke 212 dan Hari Ulang Tahun ke 67 Pemkab Kapuas Tahun 2018 di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

Tiga buah kapal ditumpangi para pejabat Forkopimda. Baik dari Pemprov Kalteng maupun dari Pemkab Kapuas diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Akhmad Syaiku, Sekda Kapuas Rianova SH, Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca: Sampai Sekarang Belum Terpecahkan, Ini 7 Foto Paling Misterius di Dunia

Kapal tersebut menuju panggung di Dermaga Danau Mare, yang mana Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail, Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, Kajari Kabupaten Kapuas Komaidi, Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar dan rombongan lainnya menunggu.

Berjarak sekitar 30 meter kapal melintas dan terjadi saling lempar antar penumpang kapal dan para undangan yang berada di Dermaga Danau Mare. Tampak pula Wakil Gubernur dan Pjs Bupati Kapuas saling lempar batang suli dengan para penumpang yang berada di dalam kapal.

Baca: Gara-gara Sebut Perempuan Pakai Rok Mini Minta Diperkosa, Guru Ini Dituduh Lakukan Pelecehan

Acara laluhan disaksikan ratusan warga masyarakat Kota Kualakapuas yang sudah lama menunggu di Dermaga Danau Mare.

Seperti diketahui acara laluhan adalah perang batang suli yang merupakan ritual adat suku Dayak Ngaju Kualakapuas, yang menggambarkan betapa gigihnya warga Dayak dalam mempertahankan wilayahnya dari gangguan musuh.

Upacara laluhan ini juga menyimbolkan betapa gigihnya warga Kota Kualakapuas untuk memerangi kemiskinan dan keterbelakangan, sehingga nantinya menjadi sebuah masyarakat yang maju dan sejahtera.(TRIBUNKALTENG.COM/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help