Kabar Dunia

2,4 Juta Warga AS Kecanduan, Donald Trump Ajukan Hukuman Mati bagi Pengedar Narkoba

Trump secara resmi mengajukan hukuman mati tersebut dan menyebut pemerintah akan buang-buang waktu apabila aturan

2,4 Juta Warga AS Kecanduan, Donald Trump Ajukan Hukuman Mati bagi Pengedar Narkoba
WONKETTE.COM
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump 

TRIBUNKALTENG.COM, MANCHESTER - Memerangi maraknya panyalahgunaan narkoba di AS, Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menyerukan ganjaran hukuman mati bagi pengedar narkoba pada pidatonya di Manchester, New Hampshire, Amerika Serikat, Senin (19/3/2018).

Seperti dilansir KOMPAS.com, upaya tersebut merupakan bagian untuk memerangi penyalahgunaan opioid di AS yang telah menelan banyak korban jiwa.

Baca: Begini Aksi Pilot TNI AU Saat 5 Jet Tempur AS Masuk ke Wilayah Indonesia

New Hampshire merupakan negara bagian yang paling terdampak dari krisis opioid, sejenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol, mengendalikan atau menghilangkan rasa nyeri.

Opioid atau opium dapat menimbulkan kecanduan dan termasuk dalam jenis narkotika. Ada sekitar 2,4 juta warga AS yang kecanduan opiod.

Trump secara resmi mengajukan hukuman mati tersebut dan menyebut pemerintah akan buang-buang waktu apabila aturan itu tidak diimplementasikan.

"Mereka (pengedar narkoba) adalah orang-orang yang mengerikan, dan kita harus bersikap keras terhadap mereka," katanya. "Jika kita tidak bersikap tegas pada pengedar narkoba, kita membuang-buang waktu. Ketegasan itu termasuk hukuman mati," tambahnya.

Baca: Derita Penyakit Langka, Kulit dan Mata Gadis Martapura Ini Keluarkan Darah

Trump berjanji akan memperbaiki krisis tersebut ketika mendapat baru menduduki kursi kepresidenan setahun lalu. Namun, dia tetap harus berjuang untuk membuat kemajuan guna menanggulangi penyalahgunaan obat yang membunuh sekitar 115 warga AS per hari akibat overdosis.

Belum jelas dasar hukum yang akan digunakan pemerintah AS untuk mencari celah menegakkan hukuman mati bagi pengedar narkoba.

Sebelumnya, Trump memuji kebijakan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang berperang melawan narkoba. Polisi negara itu diperkirakan telah membunuh 4.100 tersangka terkait narkoba, Kelompok hak asasi manusia meyakini angkanya lebih tinggi skeitar tiga kali lipat.

Saat ini, Pengadilan Kriminal Internasional sedang menyelidiki kasus pembunuhan terhadap ribuan tersangka narkoba. (Penulis : Veronika Yasinta/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perangi Narkotika, Trump Ajukan Hukuman Mati bagi Pengedar "

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help