Kabar Sukamara

Orangutan Sering Masuk ke Lahan Pertanian, Warga Minta Bantuan BKSDA

Bukan hanya itu, orangutan jantan tersebut, kerap juga menyerang warga, sehingga anak-anak di Sukamara kerap trauma

Orangutan Sering Masuk ke Lahan Pertanian, Warga Minta Bantuan BKSDA
Istimewa
Orangutan di Sukamara akhirnya ditangkap, warga pun merasa aman 

TRIBUNKALTENG.COM, SUKAMARA - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Sabtu (24/2/2018) akhirnya menangkap seekor orangutan dewasa berumur 17 tahun yang selama ini dikabarkan sering masuk ke lahan pertanian warga.

Bukan hanya itu, orangutan jantan tersebut, kerap juga menyerang warga, sehingga anak-anak di Sukamara kerap trauma ke kebun atau lahan pertanian mereka.

Orangutan dewasa tersebut,sempat diintai warga hingga beberapa hari, namun menghilang, bahkan sebut Krisno warga setempat, banyak tanaman rusak setelah beberapa orangutan yang kabur dari dalam hutan tersebut.

Baca: Bandara Sanggu Buntok Segera Kembali Beroperasi, Susi Air Buka Jalur ke Kota Ini

"Orangutan itu, masuk ke sawah kami di Desa Sungai Raja, Kecamatan Gilai, Kabupaten Sukamara dan merusak tanaman serta menyerang kami, jika dibunuh tentu kami yang akan diperkarakan, makanya kami lapor petugas,"ujarnya.

Dalam usaha mengamankan warga dan menangkap orangutan, BKSDA langsung menurunkan personel ke Sukamara setelah adanya informasi orangutan tersesat dan masuk ke persawahan milik warga yang sangat mengganggu tersebut. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help