TribunKalteng/

Rumah Singgah di Kapuas

Rumah Singgah Loka Bina Karya Kapuas, Jadi Tempat Tinggal Kaum Disabilitas Tak Mampu

Kasi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, Hamsani, menyebut tahun demi tahun jumlah penghuninya bertambah hingga mencapai 20 orang.

Rumah Singgah Loka Bina Karya Kapuas, Jadi Tempat Tinggal Kaum Disabilitas Tak Mampu
tribunkalteng.com/jumadi
Rumah Singgah Loka Bina Karya Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Kalteng sejak tahun 2013 lalu mendirikan rumah singgah yang diberi nama Rumah Singgah Loka Bina Karya.

Tempat ini berada di luar kota, yakni di Desa Maluen, kawasan Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas Kalteng.

Dari rencana rumah singgah ini memang khusus diperuntukkan untuk menampung warga tak mampu yang mengalami disabilitas atau keterbatasan diri, dapat bersifat fisik, mental, kognitif, sensorik serta emosional. Pada awal peresmian hanya satu dua orang saja yang dibina di tempat itu.

Baca: Gagal Rencana Indehoy di Kamar Kos Sambil Jalani Valentine, Pasangan Ini Malah Begini

Menurut Kasi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, Dinsos Kabupaten Kapuas Hamsani, tahun demi tahun jumlah penghuninya bertambah hingga mencapai 20 orang.

"Untuk dua tahun terahir ini jumlahnya tinggal 16 orang dan semuanya adalah laki-laki," katanya.

Sebagian di antaranya yang sudah sembuh dikembalikan kepada orantua atau keluarganya. Tetapi bagi yang tidak punya keluarga, mereka akhirnya bertahan di tempat itu.

Namun apabila ada yang belum sembuh dan kondisinya tidak ada perkembangan, maka Dinsos Kabupaten Kapuas dan sebelumnya berkoordinasi dengan pihak dokter RSUD Kapuas, maka penghuni rumah singgah ini dibawa ke pengobatan lanjut di Jabar. (TRIBUNKALTENG.COM/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help