Kalteng Kita

Program Rumah Murah di Kalteng, Ini yang Dilakukan Dinas Perumahan

Paling tidak, pada 2018 ini bakal ada 4 ribu unit rumah yang kembali akan dibangun.

Program Rumah Murah di Kalteng, Ini yang Dilakukan Dinas Perumahan
tribunkalteng.com/khaitami
HM Hatta 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Harapan warga Kalteng yang belum memiliki rumah layak huni, sepertinya bakal bisa terwujud. Ini apabila, program rumah yang dilaksanakan pemerintah bisa dijalankan.

Paling tidak, pada 2018 ini bakal ada 4 ribu unit rumah yang kembali akan dibangun. Apalagi untuk uang muka, ada bantuan subsidi yang disiapkan.

"Program ini lebih fokus diarahjan pada sasaran rumah backlock (kesenjangan antara ketersediaan rumah dan kebutuhan). Jadi kesemoatan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mendapatkan rumah kebih terbuka," ujar Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan HM Hatta kepada Tribunkalteng.com.

Rabu (14/2/2018), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kalteng menggekar rapat kerja teknis pembiayaan perumahan yang diikuti seluruh kabupaten/kota.

Dalam rapat ini, kata Hatta, Pemprov Kalteng mendorong agar Pemkab dan Pemko untuk menyediakan lahan yang dapat dioeruntukkan bagi kawasan perumahan.

"Dengan begitu, developer tinggal membangun rumah di atasnya dan menjualnya dengan harga lebih murah kepada MBR," kata Hatta.

Pemerinta melalui Kementerian Perumahan Rakayat, sebelumnya telah melakukan fasilitas likuiditas bantuan perumahan sebesar Rp 4 juta kepada MBR. Ini sebagai bantuan uang muka dengan bunga flat 5 persen.

"Kami juga lakukan pendekatan ke bank. Terakhir harga rumah tipe 36 standar Rp 142 juta di Kalteng. Sebenarnya kita bisa tekan dengan luasan tanah lebih kecil atau disediakan okeh oemerintah daerah, harga bisa lebih rendah," timpal Hatta. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help