Kabar Palangkaraya

MTs Darul Amin Dorong Guru Lakukan Penelitian Tindakan

Menjadi seorang pendidik yang profesional, tidak hanya pandai merencanakan pengajaran

MTs Darul Amin Dorong Guru Lakukan Penelitian Tindakan
Istimewa
Seminar Pendidikan yang dilaksanakan di MTs Darul Amin Palangkaraya, akhir pekan tadi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Menjadi seorang pendidik yang profesional, tidak hanya pandai merencanakan pengajaran lalu menyampaikannya kepada siswa

Melakukan penelitian tindakan, termasuk di kelas, juga menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan guru untuk mengembangkan profesionalitas.

Ini pula yang menjadi sorotan Kepala Madarasah Tsanawiyah Darul Amin Palangkaraya, Fauzidinnor. Bahkan dia mendorong para guru di lembaga yang dipimpinnya melakukan penelitian dimaksud.

“Untuk pengembangan profesi guru yang professional sehingga menjadi tenaga pendidik yang cinta akan pekerjaannya harus dimulai dengan sering melaksanakan penelitian”, ujar Fauzi.

Baca: Tak Hanya di Lokalisasi, Lokasi Ini Juga Marak Jadi Tempat Praktik Prostitusi di Kalteng

Pesan ini disampaikan Fauzi saat membuka Seminar Pendidikan yang dilaksanakan di MTs Darul Amin Palangkaraya, akhir pekan tadi.

Harapannya, para guru juga tetap memiliki naluri akademik sehingga pengembangan metode pengajaran yang dilakukan kian efektif.

Dia menambahkan, dengan dilakukannya penelitian oleh guru terutama jenis Penelitian Tindakan, maka akan membantu guru memahami bebrapa hal terutama sekali tentang proses belajar mengajar.

Guru akan mengetahui apakah metode, model dan media yang digunakan akan sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan bisa dipahami siswa.

“Makanya saya berharap agar guru-guru yang ada di MTs Darul Amin khususnya bisa dengan bijak membagi waktunya untuk melakukan Penelitian Tindakan paling sedikit sekali dalam setahun atau kalua boleh satu semester satu penelitian tindakan," pesannya lagi.

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help