Kalteng Kita

500 Ribu Hektare Lahan di Kalteng Diproyeksi Jadi Food Estate, Apa Lagi Tuh?

Rencana pembukaan lahan kembali akan menjadi proyeksi Kalteng pada 2018

500 Ribu Hektare Lahan di Kalteng Diproyeksi Jadi Food Estate, Apa Lagi Tuh?
tribunkalteng.com/khaitami
Kepala Disnakertrans Kalteng Syahril Tarigan

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Rencana pembukaan lahan kembali akan menjadi proyeksi Kalteng pada 2018. Ini dilakukan terkait program food estate yang dicanangkan pemerintah.

Program ini rencananya dilakukan pada sejumlah wilayah di kabupaten/kota.

"Pada prinsipnya, Food Estate dibuat untuk mendukung program ketahanan pangan. Proyeksinya juga lebih diarahkan pada produksi usaha perkebunan dan tanaman pangan," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng Syahril Tarigan kepada Tribunkalteng.com.

Baca: Wanita Ini Adu Mobil Suaminya Berisi Pelakor, Karma Ini Langsung Didapat Sang Suami

Baca: Alamak! Masih Ada Lebih dari 126 Ribu Rumah Tak Layak Huni di Kalteng

Secara umum, konsep ini dilakukan oleh Bappeda Kalteng. Namun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi salah satu lembaga yang terlibat dalam rangka pemenuhan ketenagakerjaan, termasuk juga program transmigrasi yang kembali akan dibuka di Kalteng.

Disebutkan, kawasan yang menjadi Food Estate ini diproyeksi memiliki luasan 300 ribu sampai 500 ribu hektare. Di antaranya diperuntukkan bagi kawasan transmigrasi.

Rabu (14/2/2018), rencana ini menjadi salah satu isu sentral yang dibahas dalam Rapat Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi se-Kalteng.

"Dalam hal ini, tentu kami harus bisa menjalankan fungsi karena ini juga menyangkut urusan ketransmigrasian dan pelatihan tenaga kerja yang diharapkan dapat mendukung program Food Estate," kata Syahril. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help