Kalteng Kita

TKA Banyak Dipekerjakan di Perusahaan Tambang, ''Tolietnya Saja Pakai Bahasa Mandarin''

Para pekerja asing asal tiongkok China tersebut diduga bekerja sebagai pekerja buruh dan teknisi pada perusahaan yang ownernya

TKA Banyak Dipekerjakan di Perusahaan Tambang, ''Tolietnya Saja Pakai Bahasa Mandarin''
Istimewa via kompas.com
Ilustrasi - Satu di antara puluhan tenaga kerja asin 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sejumlah perusahaan tambang batubara di Kalimantan Tengah diduga mempekerjakan tenaga kerja asing asal Tiongkok.

Para pekerja asing asal tiongkok China tersebut diduga bekerja sebagai pekerja buruh dan teknisi pada perusahaan yang ownernya adalah perusahaan asing.

Ini terungkap saat rombongan anggota DPRD Kalimantan Tengah yang melakukan peninjauan di salah satu perusahaan tambang batubara di Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas yang berbatasan dengan Kabupaten Gununungmas.

Baca: Pesta Pernikahan Anak Bos Tambang Binuang, Dipadati Ribuan Warga, Jalan Ditutup

Baca: 9 Pemain di Laga Uji Coba, Borneo FC Kalahkan Kalteng Putra

Baca: Warga Jalan Badak Geger Pemuda Gantung diri, Ini Fakta Mengejutkan Soal Identitasnya

Perusahaan tambang PT Tuah Global Mining (PT TGM) yang menjadi sasaran kunjungan Komisi B DPRD Kalteng, terpantau banyak mempekerjakan tenaga asing asal china sehingga mendapat perhatian kalangan dewan.

"Saya melihat banyak orang asing yang dipekerjakan di perusahaan tersebut, bahkan tulisan di toilet dan lainnya tidak menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa inggris tapi pakai bahasa China,"ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalteng, HM Asera, Minggu (11/2/2018).

Kondisi ini sebut dia, diduga juga sama dengan perusahaan lainnya yang ada di Kalteng terutama yang pemiliknya adalah orang asing, yang kerap merekrut tenaga kerja asing, meski hanya sebagai tenaga buruh.

"Ini harus jadi perhatian berbagai pihak yang terkait, agar jangan sampai daerah ini jadu tempat menampung orang asing sedangkan orang kita sendiri banyak yang menganggur,"ujarnya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved