Kalteng Kita

Perda Pemisahan Badan Keuangan dan Badan Pendapatan Disetujui, Ini yang Segera Dilakukan

Sebelumnya, raperda yang mengatur pemisahan kedua lembaga yang sebelumnya digabung ini telah melalui pembahasan di DPRD Kalteng.

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Rencana pemisahan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan Badan Pendapatan Daerah di Kalteng, sepertinya dalam waktu dekat segera terealisasi. Itu setelah raperda yang diajukan ke DRD Kalteng, dinyatakan telah mendapat persetujuan pihak legislatif.

"Secara umum, dewan telah menyetujui pemisahan ini. Setelah diundangkan, baru realisasi pemisahan dilakukan," ujar Kepala Bakeuda Kalteng Nuryakin, Jumat (9/2/2018).

Baca: Kalteng Bakal Pisahkan Lagi Lembaga Pendapatan Daerah dari Badan Keuangan

Sebelumnya, raperda yang mengatur pemisahan kedua lembaga yang sebelumnya digabung ini telah melalui pembahasan di DPRD Kalteng.

Ini dilakukan, karena tugas Bakeuda yang terlalu luas menimbulkan tugas penggalian pendapatan yang seharusnya juga mendapat prioritas menjadi kurang optimal dilakukan.

Bakeuda Kalten sendiri, saat ini memiliki dua kantor yang lokasinya terpisah. Satu berada di kawasan Kantor Gubernur Kalteng, dan yang lainnya di bekas Kantor Dinas Pendapatan Daerah Jalan RTA Milono Palangkaraya.

Menurut Nuryakin, di eks Kantor Dispenda itu ada dua bidang yang menempati sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yakni Bidang Pajak dan Bidang Retribusi.

"Itu karena memang kantor yang ada ini tidak cukup. Tapi yang segera harus dipersiapkan dalam waktu dekat adalah terkait personel dari pegawai dan staf yang difungsikan untuk menempati berbagai posisi di Badan Pendapatan Daerah," timpal Nuryakin. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help