Info Sehat

Bukan Cuma karena Doyan yang Manis-manis, Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Picu Gula Darah

Ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan ternyata bisa menyebabkan naiknya gula darah, bahkan hal ini sering tidak disadari banyak orang.

Bukan Cuma karena Doyan yang Manis-manis, Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Picu Gula Darah
gettyimages
ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Gula darah naik adalah kondisi berbahaya yang patut kamu waspadai, sebab gula darah naik adalah awal petaka yang bisa mengudang banyak penyakit, seperti diabetes, gagal jantung hingga stroke.

Gula darah naik bukan hanya disebabkan oleh makanan dan minuman manis saja. Ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan ternyata bisa menyebabkan naiknya gula darah, bahkan hal ini sering tidak disadari banyak orang.

Baca: Buat Penderita Diabetes, 7 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Tiap Hari

Baca: Sering Mengantuk atau Mudah Lelah? Waspada Gejala Diabetes Tipe 1!

Menurut laman RD.com, berikut kebiasan-kebiasaan yang memicu naiknya gula darah dalam tubuh Anda.

1 Melawatkan Sarapan

American Journal of Clinical Nutrition mengemukakan bahwa orang yang melawatkan sarapan bisa membuat risiko terkena penyakit diabetes meningkat sebesar 21%. Melewatkan sarapan bisa membuat produksi insulin terganggu akibat naiknya gula darah Anda.

2 Sering Makan Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak juga berperan sekali menaikan gula dalam darah Anda. Lemak yang terlampau tinggi bisa membuat kinerja hati lebih besar, lebih fatalnya bisa membuat hati gagal dalam mengolah glukosa sehingga bisa membuat gula darah naik seketika.

3 Kurang tidur

Orang yang kekurangan jam tidur akan membuat mereka kehilangan energi tubuh lebih cepat. Mereka pun mudah lelah dan ngantuk, untuk mengatasi ini orang-orang akan makan lebih banyak makanan yang manis dan kaya gula, inilah yang akan membuat asupan glukosa semakin meningkat dan pada akhirnya menaikan tingkat gula darah.

4 Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya menyebabkan kenker paru saja, kebiasaan ini secara menyerluruh akan membuat tubuh Anda mudah alami sakit.

Salah satunya adalah menaikan gula darah Anda. Merokok akan membuat nikotin mengedapa dalam darah, tingkat nikotin yang tinggi bisa juga meningkatkan tingkat gula darah Anda.

SUMBER

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help