Info Sehat

Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara, Cari Tahu Sejak Dini!

Pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dilakukan dengan berbagai posisi, dimulai dari berdiri dengan lengan di kedua sisi tubuh

Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara, Cari Tahu Sejak Dini!
Istimewa
Benjolan atau semacam daging tumbuh yang terasa di area payudara memiliki kemungkinan kecil tergolong kanker payudara, terutama pada perempuan yang berusia di bawah 40 tahun. 

TRIBUNKALTENG.COM - Kebanyakan masyarakat selama ini hanya berpikir bahwa penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan --kanker payudara tidak akan pernah menimpa kaum adam.

Sebab selama ini dari temuan kasus hanya menimpa kaum perempuan. Dan kaum adam pun jangan terlalu bergembira tidak bakal terkena penyakit mematikan itu karena nyatanya kanker payudara juga bisa menyerang laki-laki.

Seperti yang dibahas dalam acara serba-serbi Kanker Payudara di Jakarta, Senin (29/1/2018) beberapa hari lalu dr M Yadi Permana, SpB (K) Onk menjelaskan bahwa laki-laki juga bisa terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari perempuan.

Baca: Terungkap, Minum Kopi Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati

Menurut dokter spesialis bedah dan konsultan bedah onkologi Rumah Sakit Pondok Indah ini, sekitar 1 persen dari penderita kanker payudara adalah laki-laki. Akan tetapi, mereka biasanya baru terdiagnosis ketika sudah di stadium lanjut.

Lambatnya diketahui bagi penderita kaum adam karena para laki-laki biasanya tidak memiliki kesadaran untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, dan kalaupun memiliki kesadaran tersebut, memang lebih sulit terdeteksi.

Yadi menjelaskan, (sebenarnya) tanda-tanda kanker payudara laki-laki sama dengan perempuan, tetapi karena payudaranya kecil jadi lebih sulit terdeteksi.

Baca: Benjolan di Payudara Tak Selalu Indikasi Gejala Kanker, Bisa Jadi Ini

Oleh sebab itu, Yadi pun merekomendasikan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) untuk laki-laki dan perempuan.

Sebab, pemeriksaan klinis payudara oleh dokter dapat mendeteksi sampai 85 persen kanker payudara, mammografi sampai 90 persen, dan biopsi sampai 91 persen. Apabila ketiganya dilakukan, maka kanker payudara dapat dideteksi secara dini hingga 99,5 persen.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help