Kabar Kampus

Targetkan 2.000 Mahasiswa Baru, IAIN Palangkaraya Mulai Buka Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN 2018

Bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga tidak mampu, kemungkinan masuk IAIN Palangkaraya tetap terbuka.

Targetkan 2.000 Mahasiswa Baru, IAIN Palangkaraya Mulai Buka Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN 2018
Istimewa
Dari kiri ke kanan: Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Masrawan, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu saat bersaam dalam sebuah acara. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, mulai membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru.

Bagi pelajar tingkat SLTA yang mulai berpikir melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, IAIN Palangkaraya dapat menjadi salah satu alternatif pilihan. Itu karena, keragaman program studi dan prestasi yang ditunjukkan lembaga ini telah mendapatkan pengakuan dari berbagai kalangan.

Setidaknya ada empat jalur yang bisa diikuti para calon mahasiswa. Dan, saat ini tengah berlangsung penerimaan pendaftaran pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang secara resmi telah dilaunching Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, belum lama tadi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Baca: IAIN Palangkaraya Tahun Depan Bakal Dilengkapi Pusat Perbelanjaan dan Wisma

Baca: Lihat Fasilitas Belajar Mahasiswa IAIN Palangkaraya, Begini Kata Ketua STAIN Alfatah Papua

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Berdasarkan informasi yang ada, jadwal seleksi penerimaan jalur SPAN PTKIN dimulai dengan pengisian PDSS pada 30 Januari - 24 Februari 2018, verifikasi PDSS pada 2 Februari - 3 Maret 2018, pendaftaran 1 Maret – 29 Maret 2018, proses seleksi pertama 9 - 14 April 2018, proses seleksi kedua 18 - 25 April 2018, dan pengumuman hasil seleksi pada 1 Mei 2018.

Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi 22 Mei 2018

Selain SPAN-PTKIN, calon mahasiswa IAIN Palangkaraya juga bisa mengikuti jalur Ujian Masuk PTKIN. Jalur ini dapat diikuti calon mahasiswa berprestasi atau tidak berprestasi.

Ketiga, jalur mandiri. Calon mahasiswa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) lokal dengan ujian tertulis.

Bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga tidak mampu, kemungkinan masuk IAIN Palangkaraya tetap terbuka. Itu karena, ada jalur masuk khusus yang disediakan untuk program Bidikmisi.

Perguruan tinggi Islam terbesar di Kalteng ini, sebelumnya menargetkan 2 ribu mahasiswa baru yang akan diterima pada 2018. Dengan jalur penerimaan yang ada, diharapkan dapat memberikan peluang besar bagi para calon mahasiswa dari berbagai daerah untuk bisa bergaung di perguruan tinggi ini.

Selengkapnya dapat dibaca di INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU IAIN PALANGKARAYA

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help