Info Sehat

5 Kebiasaan Ini Bikin Fungsi Otak Cepat Rusak, Yuk Cari Tahu!

Permasalahan atau gangguan pada organ otak, memang harus segera mendapat penanggulangan secara tepat dan efektif.

5 Kebiasaan Ini Bikin Fungsi Otak Cepat Rusak, Yuk Cari Tahu!
net
otak manusia

TRIBUNKALTENG.COM - Permasalahan atau gangguan pada organ otak, memang harus segera mendapat penanggulangan secara tepat dan efektif. Kerap kali kebiasaan-kebiasaan tertentu masih saja ada yang kurang diperhatikan.

Padahal semuanya itu mampu menjadi penyebab yang cukup rentan rusaknya kesehatan otak, dikarenakan ukuran atau volume otak tambah mengecil alias menciut. Entah berlangsung secara cepat maupun perlahan seiring bertambahnya usia.

Maka hindarilah kebiasaan ini agar kesehatan otak selalu terjaga dan tingkat volumenya tidak mengalami penciutan :

1. Malas Minum Air

Perlu disadari, bahwa air mineral sangat penting bagi kinerja seluruh sistem dalam tubuh. Apalagi otak merupakan organ penting yang tak lepas dari kebutuhan air.

Jika sampai otak kekeringan atau mengalami dehidrasi, tentu hal buruk yang terjadi ialah otak jadi menciut alias mengecil, serta akan cenderung menekan tengkorak. Gejala yang sering muncul yakni kepala terasa pusing.

2. Kebiasaan Merokok

Tidak menutup kemungkinan terjadinya penyakit Alzheimer yang merupakan salah satu kelainan dimensia, disebabkan oleh racun dalam asap rokok. Sehingga kebiasaan merokok ini juga tidak baik untuk tumbuh kembang otak.

3. Penggunaan Alkohol dan Ekstasi

Penyalahgunaan alkohol dan penggunaan ekstasi sangat berdampak buruk untuk kesehatan otak. Apalagi sampai tubuh kecanduan alkohol, sampai-sampai Limbic System yang terdapat di bagian tengah otak akan terganggu. Jika di bagian sistem tersebut mengalami gangguan, maka akan mengarah pada persoalan tubuh yang lebih parah.

4.Menghirup Udara Berpolusi

Jika polusi udara yang masuk dalam tubuh layaknya Karbonmonoksida, maka fungsi sel-sel darah merah akan terbajak dalam melakukan perannya sebagai pendistribusi oksigen ke otak. Oleh karena itulah memungkinkan sekali polusi menjadikan tumbuh kembang otak terganggu.

5. Enggan Berolahraga

Malas berolahraga atau kurang gerakan tubuh tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan kinerja dalam tubuh. Pertumbuhan otak pun akan terhambat, sehingga mendorongnya untuk mengalami penyusutan.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help