Makam Keramat di Ujung Pandaran

Kubah Makam Syekh H Abdul Hamid dari Guru Sekumpul

Guru Ijai bahkan sempat memberikan kain kubah makam berwarna hijau pada kuburan Syeh H Abdul Hamid tersebut.

Kubah Makam Syekh H Abdul Hamid dari Guru Sekumpul
tribunkalteng.com/faturahman
Makam keramat dipercaya sebagai makam Al-Alimul Allamaah Syeh H Abdul Hamid (Buyut Datu Kalampayan) Kalsel yang membawa agama islam pertama di Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kotim. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Keberadaan makam yang ada di Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, juga sampai ke telinga almarhum KH Zaini Ghani atau Guru Sekumpul.

Ulama kharismatik ini, segaja diundang Pemerintah Kabupaten Kotawarigin Timur untuk meresmikan makam Syeh H Abdul Hamid yang telah dibangun secara permanen oleh Pemkab Kotim.

Bahkan sebut penjaga makam, Sarpan, mengatakan, Guru Sekumpul bahkan sempat memberikan kain kubah makam berwarna hijau pada kuburan Syeh H Abdul Hamid tersebut.

Baca: Tak Mandi Lebih dari 60 Tahun, Pria Ini Tetap Perhatikan Penampilan

Baca: Penari Seronok di Kontes Burung Bikin Heboh, Anu Wanitanya Diselipin Ini di Depan Anak-anak

Sehingga hal tersebut memancing banyak warga Kalteng dan Kalsel hingga orang luar pulau datang untuk melakukan ziarah kubur Syeh H Abdul Hamid hingga saat ini.

Keterangan Arief, salah seorang warga setempat, setiap hari ada saja warga yang datang untuk melakukan ziarah ke kuburan tersebut, sehingga juga berdapak baik bagi warga setempat untuk penyediaan alat transportasi untuk mengantarkan peziarah ke lokasi makam. (TRIBUNKALTENG.COM)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help